Kamis, 04 Juli 2013

Renungan Harian: Sabtu, 06 Juli 2013

Renungan Harian: Sabtu, 06 Juli 2013

Kej 27:1-5.15-29; Mat 9:14-17.

Bertindak pada Waktunya!

 

                Seorang yang bijaksana, pasti mampu mengetahui kapan saat yang tepat baginya untuk melakukan sesuatu. Ia tidak akan terikat pada target ataupun ide tentang keseragaman. Orang bijaksana akan mampu berbuat seturut kebutuhan sekitar dan menetapkan pilihan yang terbaik sebagai landasan dalam prinsip hidupnya.

                Yesus mempunyai prinsip hidup yang jelas dan kuat. Yesus melihat bahwa kebiasaan berpuasa dalam bangsa Yahudi telah mengalami kemerosotan nilai. Berpuasa hanyalah sebuah tradisi yang biasa dilakukan pada waktu puasa. Bila tidak berpuasa pada waktunya, maka dianggap menyalahi kebiasaan atau aneh.

                Para murid Yesus tidak berpuasa sebagaimana lazimnya orang Farisi dan murid-murid Yohanes. Hal ini tentu dipertanyakan. Namun, Yesus punya pegangan kuat dalam menyikapi pertanyaan para murid Yohanes. Yesus ingin menyatakan bahwa ketika Ia masih bersama para murid, prioritas utama bukanlah puasa akan tetapi ikut bersama dengan Yesus; berkeliling mewartakan Kerajaan Allah. Jangan ada perbedaan dalam prinsip tugas utama, demi kesatuan bersama. Jangan seperti tambal kain baru ke kain lama ataupun anggur baru yang disimpan pada kantong kulit tua. Bila demikian akan sia-sia. Yesus ingin mendidik para murid untuk bersatu, terlebih kesatuan hati dan pikiran. Akan tiba saatnya para murid harus mengikuti kebiasaan yang berlaku (DG).

 

Pelita Hati: Orang bijak akan tepat bertindak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar