Senin, 29 Juli 2013

Renungan Harian: Rabu, 31 Juli 2013

Renungan Harian: Rabu, 31 Juli 2013

Kel 34; 29-35; Mat. 13:44-46 - Pw Santo Ignatius Loyola

 

Demi Mutiara yang Indah

 

Perumpamaan tentang harta yang terpendam di ladang dan mutiara yang indah mau menjelaskan betapa pentingnya Kerajaan Surga yang adalah tujuan hidup setiap orang. Kerajaan Surga itu adalah Tuhan sendiri yang hadir dalam diri Yesus. Yesus mau menunjukkan hal utama yang harus dicari dan ditemukan yang menjadi tujuan hidup manusia.

Untuk mendapatkan Kerajaan Surga, setiap orang harus berani melepaskan semua yang dia miliki. Hal ini menyadarkan kita bahwa memang Kerajaan Surga itu adalah satu-satunya kekayaan hidup kita dan bukan yang lainnya. Namun demikian, tidak semua orang mampu untuk mendapatkannya karena tidak mampu untuk melihat kehadiran-Nya di dalam hidupnya atau ditutupi oleh hal-hal lain yang kurang penting atau yang kita anggap penting tetapi sebenarnya kurang penting.

Ada orang yang membuat hidupnya berorientasi kepada harta duniawi, jabatan, pangkat, dan kenikmatan dunia. Namun, Injil hari ini mengingatkan kita untuk mencari dan menemukan yang utama dalam hidup kita, yakni Kerajaan Surga, Tuhan sendiri. Kerajaan surga harus menjadi yang utama dalam kehidupan kita. Kita harus berusaha untuk bersatu dengan-Nya.

Maka hal-hal yang menghalangi kesatuan itu harus kita singkirkan. Kita harus menjadikan Tuhan sebagai pusat dan orientasi kehidupan kita. Santo Ignatius dari Loyola telah menemukan harta berharga dan mutiara yang indah itu sehingga dia mengakhiri karier militernya dan memilih tugas untuk kemuliaan Tuhan (AP).

 

Pelita Hati: Kerajaan surga harus menjadi yang utama dalam kehidupan kita.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar