Rabu, 31 Juli 2013

Renungan Harian: Kamis, 01 Agustus 2013

Renungan Harian: Kamis, 01 Agustus 2013

Kel 40:16-21.34-38; Mat 13:47-53 - Pw St. Alfonsus Maria de Liguori

"Ikan yang Baik Dikumpulkan ke dalam Pasu, yang Buruk Dibuang"

Dalam hidup bermasyarakat sering kita menyaksikan bahwa ada banyak orang yang tidak jujur, orang jahat, yang tidak takut akan Tuhan, menyalahgunakan kekuasaan dan wewenang, namun mereka bebas dan tidak tersentuh hukum. Hukum seperti berlaku hanya bagi orang kecil. Seruan-seruan terhadap ketidakadilan atau yang menentang kejahatan, sering berlalu begitu saja, anjing menggonggong kafilah berlalu.

Injil hari ini menggambarkan Kerajaan Allah seumpama pukat yang ditebarkan ke laut, pukat itu menangkap berbagai macam ikan dan ketika sudah penuh dan ditarik ke darat, ikan yang baik dipisahkan dari ikan yang tidak baik, lalu disimpan di dalam bakul, sementara ikan-ikan yang tidak berguna dibuang. Yang baik akan mendapat ganjaran, sementara yang jahat akan mendapat hukuman. Gagasan ini gampang dimengerti dan kita menginginkan supaya hal itu segera terjadi. Tetapi dalam kenyataan hidup sulit dicapai. Oleh karena itu, mungkin kita bertanya mengapa Tuhan tidak segera mewujudkan keadilan itu?

Keadilan menurut pemikiran Allah, tidaklah selalu persis seperti keadilan yang kita harapkan. Injil mengajak kita untuk tetap berharap dalam iman bahwa Kebenaran, Keadilan, dan Kerajaan Allah akan terwujud seturut rencana Allah sendiri.Tetapi bagi kita yang paling penting adalah mari kita hidup baik di hadapan Allah dan di hadapan sesama manusia (AP).

 

Pelita Hati: Keadilan menurut pemikiran Allah, tidaklah selalu persis seperti keadilan yang kita harapkan.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar