Sabtu, 20 Juli 2013

Renungan Harian: Jumat, 19 Juli 2013

Renungan Harian: Jumat,  19 Juli 2013

Kel 11:10-12; Mat 12:1-8

Aturan dan Hukum adalah Alat untuk Mencapai Tujuan

 

Dalam hidup bermasyarakat mutlak perlu ada aturan atau hukum. Aturan tersebut merupakan alat untuk mencapai tujuan. Maka setiap anggota masyarakat harus terlebih dahulu mempelajari dan mengerti aturan sehingga suatu tujuan dapat dicapai dengan cara yang baik dan benar.

Yesus sangat menghormati hukum, kebiasaan, dan tradisi Yahudi serta tidak ingin melanggar kebiasaan itu. Tetapi, Ia tidak setuju dengan sikap para pemimpin agama yang hanya mengedepankan aturan secara harafiah. Yesus mengkritik kaum Farisi karena mereka mengorbankan orang agar hukum dapat diselamatkan. Menurut Yesus hukum dibuat untuk menyelamatkan manusia. Manusia harus lebih tinggi dan lebih penting daripada hukum. Kesejahteraan dan keselamatan umat manusialah yang menjadi tujuan dan ukuran Yesus.

Dalam kehidupan sehari-hari kita kadang-kadang tergoda bertindak seperti kaum Farisi. Kita memperalat dan main hukum untuk merugikan sesama. Menekankan aturan secara harafiah dan melupakan tujuan dari hukum itu dibuat. Para pakar hukum memperalat hukum sehingga orang yang pantas dihukum bebas dari hukuman dan orang yang tidak bersalah dijerat oleh hukum tanpa ampun. Bagi Yesus hukum dan aturan itu penting tetapi belas kasih harus berdiri di atasnya. “Yang Kukehendaki ialah belas kasih dan bukan persembahan” demikian sabda Tuhan (AP).

 

Pelita Hati: Manusia harus lebih tinggi dan lebih penting daripada hukum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar