Kamis, 19 April 2012

Renungan Harian: Jumat 20 April 2012

Renungan Harian: Jumat 20 April 2012

Yoh 6:1-15

Pada waktu itu Yesus berangkat ke seberang danau Galilea, yaitu danau Tiberias. Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia, karena mereka melihat mujizat-mujizat penyembuhan, yang diadakan-Nya terhadap orang-orang sakit. Yesus naik ke atas gunung dan duduk di situ dengan murid-murid-Nya. Ketika itu Paskah, hari raya orang Yahudi, sudah dekat. Ketika Yesus memandang sekeliling-Nya, dan melihat bahwa orang berbondong-bondong datang kepada-Nya, berkatalah Ia kepada Filipus, "Di manakah kita akan membeli roti, sehingga mereka ini dapat makan?" Hal itu dikatakan-Nya untuk mencobai dia, sebab Ia sendiri tahu apa yang hendak dilakukan-Nya. Jawab Filipus kepada-Nya, "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja!" Seorang dari murid-murid-Nya yaitu Andreas, saudara Simon Petrus, berkata kepada-Nya,

"Di sini ada seorang anak, yang membawa lima roti jelai dan mempunyai dua ikan; Tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?" Kata Yesus,"Suruhlah orang-orang itu duduk!" Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya. Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ; demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki. Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya, "Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih, supaya tidak ada yang terbuang," Maka mereka pun mengumpulkannya, dan mengisi dua belas bakul penuh dengan potongan-potongan dari kelima roti jelai yang lebih...

 

PEDULI SESAMA

Seorang anak membagi makanannya pada teman-temannya. Ibunya yang menyaksikan kejadian itu menegor anaknya dengan pelan: "Jangan nak, makananmu hanya itu nanti tidak cukup". Si anak tetap membagi makanannya tak peduli pada teguran ibunya. Mereka makan ria bersama menghabiskan makanannya bersama teman-teman.

Kisah ini agak mirip dengan Injil hari ini. Pada saat itu orang banyak berbondong-bondong mengikuti Yesus. Mereka ada sekitar lima ribu orang. Yesus ingin memberi mereka makan, tapi makanan yang tersedia untuk mereka tidak ada. Makanan yang ada hanya lima roti dan dua ikan. Lalu Yesus mengadakan mukjizat perbanyakan roti dan ikan. Mukjizat itu membuat mereka semua dapat makan sampai kenyang, bahkan ada sisa sebanyak dua belas baku.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengalami hal demikian. Kita ingin berbagi pada sesama tapi takut tidak cukup. Apabila terjadi demikian maka kita harus membawa masalah itu pada Yesus. Bersama Yesus tiada masalah yang tidak dapat diatasi. Jadi, jangan ragu untuk membagi sesuatu demi kebaikan pada sesama (RBM).

 

Pelita Hati: Bersama Yesus kesulitan apa pun dapat diatasi.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar