Selasa, 15 Mei 2012

Renungan Harian: Rabu 16 Mei 2012

Renungan Harian: Rabu 16 Mei 2012

Yoh  16:12-15

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,

"Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran; Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya, itulah yang akan dikatakan-Nya, dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah kepunyaan-Ku, sebab itu aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima daripada-Ku."

PERAN ROH  KUDUS

Yesus dalam Injil hari ini kembali menegaskan sebuah wejangan bijak sebelum Ia berangkat kepada Bapa. Ia memberitahu secara khusus peran dari Roh Kudus yang akan datang. Yesus mengatakan, "Kalau Roh itu datang, Dia yang menyatakan kebenaran tentang Allah, kalian akan dibimbingnya untuk mengenal seluruh kebenaran. Roh Kudus itu akan menyampaikan segala sesuatu yang ia terima daripada-Ku." Roh Kudus yang dijanjikan itulah yang akan senantiasa menyertai tugas pewartaan para murid. Karena itu, mereka tidak perlu cemas sebab Yesus tidak akan pernah meninggalkan mereka seorang diri seperti yatim piatu.

Hal yang sama disampaikan Yesus kepada kita. Karena kasih-Nya yang begitu dalam dan besar, Ia tidak pernah meninggalkan kita. Ia selalu peduli dengan hidup dan peziarahan kita. Karena itu, kita tidak perlu takut dan cemas. Roh Kudus yang sama itu juga yang akan senantiasa hadir dan berjalan bersama kita. Roh Kudus itu yang membimbing dan mengarahkan langkah hidup kita. Maka, yang perlu kita lakukan ialah terbukalah akan pendampingan-Nya. Apa yang akan dibisikkan oleh Roh Kudus berasal dari Yesus Kristus (YIS).

 

Pelita Hati: Kita tidak perlu takut dan cemas sebab Roh Kudus senantiasa hadir dan berjalan bersama kita.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar