Rabu, 02 Mei 2012

Renungan Harian: Jumat 4 Mei 2012

Renungan Harian: Jumat 4 Mei 2012

Yoh 14:1-6

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,

"Janganlah gelisah hatimu ; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku sudah mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke sana untuk menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke sana," Kata Tomas kepada-Nya, "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi  jadi bagaimana kami tahu jalan ke sana?" Kata Yesus kepadanya, "Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat  datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."

RUMAH BAPA

Rumah sangat penting dan berarti untuk hidup manusia. Maka tidaklah heran jika setiap keluarga berambisi memiliki atau membangun rumah secepat mungkin. Tidak peduli apakah rumah itu kecil, sederhana, yang penting milik sendiri daripada tinggal di rumah kontrakan. Tinggal di rumah kontrakan tidaklah senyaman di rumah sendiri sebab adapun uang belum tentu dapat tetap menempatinya.

Bacaan Injil hari ini mengetengahkan kepada kita tentang bagaimana Yesus memberikan peneguhan dan kepastian kepada para murid bahwa Dia tidak akan meninggalkan mereka sendirian meskipun Ia akan pergi kepada Bapa. Kepergian Yesus kepada Bapa bukan berarti Yesus akan meninggalkan mereka melainkan untuk menyediakan tempat bagi setiap orang di rumah Bapa. Yesus berkata: "Di rumah Bapa-Ku ada banyak tempat." Hal ini menunjukkan bahwa semua orang akan mendapat tempat di rumah Bapa. Meski demikian, Yesus tetap pergi untuk menyiapkannya karena di rumah Bapa bukan hanya satu tempat tinggal untuk semua orang, tetapi satu tempat tinggal untuk tiap orang. Setiap orang akan berada di tempat tinggalnya, dalam persatuan dengan semua orang.

Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, kita yakin bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah bersifat sementara. Semua yang kita miliki merupakan sarana untuk mengenal dan menguatkan iman kepercayaan kita kepada Yesus Kristus jalan menuju rumah Bapa. Beranikah kita mengikuti Yesus sebagai jalan menuju rumah Bapa? Semoga! (RBM) 

 

Pelita Hati: Semua yang kita miliki merupakan sarana untuk mengenal dan menguatkan iman kepercayaan kita kepada Yesus Kristus jalan menuju rumah Bapa.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar