Senin, 03 Desember 2012

Renungan Harian: Senin 3 Desember 2012

Renungan Harian: Senin 3 Desember 2012

Mrk 16:15-20

Pada suatu hari Yesus yang bangkit dari antara orang mati menampakkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka, "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan. Tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Sesudah berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Tuhan Yesus ke surga. Lalu duduk di sebelah kanan Allah. Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

 

MEWARTAKAN INJIL

Seorang guru ditugaskan mengajar di daerah terpencil. Ia menerima tugas itu dengan baik dan melaksanakannya dengan tekun dan disiplin. Jarak sekolah tempatnya mengajar ke rumah kira-kira dua kilo meter. Setiap pagi dan pulang sekolah ia berjalan kaki. Maklum di daerah itu belum ada kenderaan. Kendati demikian, ia tidak pernah mengeluh atas pekerjaan pun situasi yang dihadapinya setiap hari.

Tugas guru ini mirip dengan tugas yang diberikan Yesus pada para murid dalam Injil hari ini. Yesus bersabda: "Pergilah ke seluruh dunia dan beritakanlah kabar baik dari Allah kepada seluruh umat manusia." Yesus memberi tugas yang mesti kita laksanakan dalam hidup kita sebagai orang Kristen. Tentu dalam melaksanakan tugas memberitakan kabar baik ini bukan harus seperti yang dilaksanakan oleh para rasul melainkan kita dapat melakukannya mulai dari hal-hal kecil seperti melalui tindakan kasih, sumbangan bagi yang membutuhkan, dan berbuat baik terhadap sesama. Dengan bersikap demikian kita telah mewartakan Injil bagi setiap orang.

Hari ini Gereja merayakan Pesta St. Fransiskus Xaverius pelindung karya misi. Fransiskus diangkat sebagai pelindung karya misi karena cara hidup dan perjuangannya didasarkan atas firman Tuhan. Dia sungguh merealisasikan firman dan tugas perutusan itu di dalam hidupnya. Tanpa mengenal lelah Fransiskus mewartakan kabar gembira. Semangat dan perjuangan santo ini dapat kita teladani dalam mewartakan Injil. Semoga lewat teladan hidupnya kita berani menjadi utusan untuk mewartakan kabar gembira pada semua orang (RBM).

 

Pelita Hati: Semua orang Kristen diberi tugas untuk mewartakan Injil dalam hidup hariannya.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar