Jumat, 06 Juli 2012

Renungan Harian: Rabu 11 Juli 2012

Renungan Harian: Rabu 11 Juli 2012

Mat 10 : 1-7

Pada suatu hari Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, dan memberi mereka kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit serta segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas, saudaranya; Yakobus, anak Zebedeus dan Yohanes, saudaranya; Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius, pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,

Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang menghianati Yesus. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus, dan Ia berpesan kepada mereka, "Janganlah kalian menyimpang ke jalan bangsa lain, atau masuk ke dalam kota Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan wartakanlah,'Kerajaan Surga sudah dekat.'

 

KESELAMATAN MANUSIA

Seorang utusan dikirim ke suatu tempat untuk menyampaikan pesan penting. Utusan ini tidak boleh menyimpang dari tugas yang dipercayakan kepadanya bahkan dalam kondisi apa pun. Ia merupakan orang kepercayaan sekaligus sebagai orang pilihan yang mengutusnya. Loyalitas dan kesetiaan setiap utusan itu tidak diragukan lagi.

Hal yang sama dilakukan oleh Yesus terhadap murid-murid-Nya setelah lebih dahulu diberi kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit serta segala kelemahan. Inti pengutusan para murid adalah Kerajaan Allah yang sudah dekat tidak terletak pada surga atau gereja, tetapi suatu kekuatan yang dinamis di mana segalanya di bawah kekuasaan ilahi, kekuatan Roh.  Kerajaan Allah bercampur dengan sejarah manusia, dengan sejarah pribadi kita yang diselamatkan.

Kerajaan Allah melibatkan seluruh diri manusia yang bergerak dalam dimensi bersama, yaitu dalam komunitas,  bukan terisolir. Yesus telah mendirikan Gereja dan Sabda keselamatan yang terwujud melalui Gereja, menuju kesempurnaan Kerajaan Allah. Setiap orang dituntut menerima pesan dari orang yang diutus oleh Allah. Mampukah kita menerima pesan itu? (SS).

 

Pelita Hati: Kerajaan Allah yang sudah dekat tidak terletak pada surga atau gereja, tetapi di bawah kekuasaan ilahi, kekuatan Roh.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar