Selasa, 21 Februari 2012

RENUNGAN HARIAN: Jumat, 24 Februari 2012

RENUNGAN HARIAN: Jumat, 24 Februari 2012

Mat 9 : 14 – 15

Sekali peristiwa datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata, "Mengapa kami dan orang-orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka, "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa."

 

KEWAJIBAN BERPUASA

Segala sesuatu ada waktunya, demikianlah kata pengkhotbah. Begitu pula dalam hal berpuasa seperti terdapat dalam perikop Injil hari ini yang ditanyakan oleh murid-murid Yohanes kepada Yesus: Mengapa murid-murid Yesus tidak berpuasa seperti yang mereka lakukan. Yesus menjawab dengan sangat bijaksana bahwa waktunya akan datang ... berarti bahwa murid-murid-Nya tetap akan berpuasa tapi belum waktunya.

Melihat peristiwa ini banyak hal yang dapat kita renungkan dan ambil maknanya. Salah satunya adalah kewajiban berpuasa tetap harus dijalankan oleh umat beriman dengan segala macam wujud tapi itu ada waktunya. Segala sesuatunya dapat berjalan sebagaimana mestinya. Tapi jangan sampai terlena, ketika tiba pada waktu yang sudah ditentukan malah tidak melakukan puasa, hal seperti ini kurang tepat. Bukankah Yesus sudah mengatakan kalau Ia sudah tidak bersama-sama dengan murid-murid-Nya lagi maka mereka tetap harus berpuasa...? Lalu bagaimana dengan kita...? Hanya diri kita sendirilah yang tahu. Tuhan  melihat niat baik kita dalam hal yang sederhana sekalipun, demi keselamatan jiwa kita (SKw).

 

Pelita Hati: "Berpuasalah dengan membuat hal-hal baik dalam hidupmu yang berkenan di hati Allah"

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar