Jumat, 24 Januari 2014

MENERUSKAN KARYA YESUS

Jumat, 24 Januari 2014

Bacaan I  : 1 Sam 24: 3-21

Mazmur   : 57:2.3-4.6.11

Bacaan Injil : Mrk 3: 13-19

Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan mereka pun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

MENERUSKAN KARYA YESUS

Gereja kita bagaikan bahtera yang berlayar di samudera luas. Di dalamnya ada nakhoda, kapten, karyawan, dan penumpang. Setiap orang di dalamnya memiliki tugas masing-masing. Staf bahtera bertugas melayani penumpang dan memberi informasi kepada mereka. Mereka berusaha agar penumpang tenang, nyaman dan damai selama perjalanan. Ketika penumpang bertambah maka karyawan juga akan ditambah sehingga semua penumpang dapat dilayani dengan baik.

Yesus dalam Injil hari ini sedang memilih para murid. Yesus memilih mereka untuk berbagi tugas pewartaan kabar gembira terhadap orang-orang yang mau dan bersedia. Yesus sadar bahwa jika sendiri melaksanakan tugas itu sungguh berat rasanya. Apalagi pertambahan dan perkembangan pengikut-Nya yang begitu pesat tentu harus dibarengi dengan tenaga untuk membantu-Nya mewartakan kabar gembira tersebut.

Perkembangan pengikut Yesus yang terus bertambah dan berkembang juga terjadi hingga saat ini. Maka kita sebagai murid-murid Yesus zaman ini dipanggil untuk meneruskan karya Yesus dan para murid-Nya. Kita dapat mewartakan tugas itu dengan sederhana yakni hidup dengan damai, cintakasih, tidak balas dendam, rendah hati dan peduli sesama, khususnya mereka yang menderita. (ES)

Pelita Hati: Kita dipanggil untuk meneruskan karya Yesus dan para murid-Nya.

@ Pelita Hati, Penerbit Bina Media Perintis Medan, 2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar