Minggu, 04 Agustus 2013

Renungan Harian: Senin, 05 Agustus 2013

Renungan Harian: Senin, 05 Agustus 2013

Bil 11: 4b-15; Mat 14:13-21

Berani Berbagi Kehidupan

Ingat kaya lupa bahagia, itulah masalah banyak kehidupan dewasa ini. Ketika miskin tidak bisa makan enak karena tidak punya uang, setelah kaya lagi-lagi tidak bisa makan enak karena dilarang dokter. Tatkala hidup sederhana tidak sempat berbahagia bersama keluarga karena terlalu sibuk mencari nafkah, setelah kaya lagi-lagi tidak bisa bahagia bersama keluarga karena keburu bubar: ada yang bercerai dan  ada yang meninggal duluan.

                Mukjizat yang dilukiskan  dalam Injil hari ini sebenarnya tidak lain adalah lukisan tentang pada bagaimana kita berempati pada kehidupan. Injil ini mengajak agar kita mau berbagi dengan tulus. Kemauan berbagi dan makan secukupnya inilah inti hidup kekristenan. Dalam bahasa sederhananya biasa disebut dengan ugahari yakni kesadaran akan kelayakan dan kepantasan serta kepekaan untuk berbagi  pada orang lain.

Satu hal penting yang mau ditegaskan Yesus melalui Injil ini adalah kalau manusia mau berbagi maka berapa pun jumlah manusia di bumi ini, bumi pasti mampu menghidupi asal masing-masing orang mau berbagi. Kalau masing-masing kita mau belajar hidup berbagi  maka tidak akan pernah ada kekurangan dan kelaparan di dunia ini. Kemauan berbagi dan hidup ugahari inilah ‘mukjizat’ yang perlu  terus-menerus kita promosikan. Maukah kita berbagi? (MES)

 

Pelita Hati: Supaya dapat hidup orang harus makan dan minum namun sering terjadi tanpa ukuran secara berlebihan terbius mengais kenikmatan yang bermuara pada keberantakan hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar