Sabtu, 10 Agustus 2013

Renungan Harian: Kamis, 15 Agustus 2013

Renungan Harian: Kamis, 15 Agustus 2013

Why 11:19a; 12:1.3-6a; 1Kor 15:20-26; Luk 1:39-56 - HR  Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga

 

Rencana Keselamatan Allah dalam Bunda Maria

 

            Dari antara sekian banyak orang kudus dalam Gereja Katolik Pesta atau perayaan yang berkaitan dengan Santa Maria yang adalah ibu Yesus Kristus sang penebuas adalah yang paling banyak dirayakan, dipestakan, dan diperingati. Banyaknya pesta, perayaan atau peringatan yang berkaitan dengan Bunda Maria menunjukkan posisinya yang cukup penting dalam Gereja. Dia adalah bunda Gereja Kudus Hawa yang baru.

                Maria sering disimbolkan sebagai lahirnya kembali Hawa yang baru yang mau mengembalikan kembali firdaus kepada manusia. Allah menyiapkan Maria dikandung dan dilahirkan tanpa noda dosa, supaya ia layak menjadi ibunda Putra Allah.  Hal ini berarti bahwa Allah mengangkat Maria dari dunia hidup manusia yang penuh dosa ke dalam kemuliaan-Nya. Pemilihan Allah atas Maria merupakan sebuah rahasia yang cukup besar yang tak terselami yang hanya mungkin diterima dalam terang iman.

                Hari Raya Maria diangkat ke Surga yang hari ini kita rayakan  menjadi salah satu bukti betapa Allah tetap peduli pada kehidupan manusia. Dalam terang iman kita terima bahwa  Maria merupakan anugerah besar dari Allah bagi manusia, sebab dalam diri manusia tahap-tahap keselamatan umat manusia semakin nyata. Tuhan memakai Maria sebagai sarana untuk melaksanakan kehendak-Nya. Seperti fajar mendahului dan mempersiapkan diri bagi kelahiran Yesus Kristus, sang Terang Dunia, yang mengangkat manusia dari lumpur dosa dan menjadi putra dan putri Allah. Hari raya  Bunda Maria ini juga menjadi ajakan yang sangat berharga bagi kita agar semakin mencintai dan menaruh hormat yang besar kepada kaum ibu yang telah sudi melahirkan kita (MES).

 

Pelita Hati : Api kepercayaan tidak membara begitu saja dalam diri. Kita harus menyalakan apinya lebih dulu dalam diri kita untuk kemudian kita pancarkan kepada yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar