Sabtu, 10 Agustus 2013

Renugan Harian: Senin, 12 Agustus 2013

Renugan Harian: Senin, 12 Agustus 2013

Ul.10:12-22; Mat 17:22-27

Setia pada Jalan Tuhan

            Kalau kita diberi pilihan maka kita mungkin senantiasa memilih jalan bahagia. Dalam beberapa ungkapan dan pengharapan orang selalu meminta supaya bahagia, selamat, sehat terus, dan hidup dengan tenang. Setiap orang pasti selalu berusaha menyingkirkan segala bentuk penderitaan.

                Injil hari ini mengetengahkan  kepada kita bagaimana  tentang kesiap-siagaan dalam mengikuti Yesus dengan segala risiko. Para murid menjadi sedih begitu mendengar ungkapan Yesus: “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia dan mereka akan membunuh Dia…” Lewat ungkapan ini Yesus mau meneguhkan para murid supaya mereka siap  memberi kesaksian dan tidak takut menghadapi penderitaan. Maka di sini dituntut kedewasaan dari para murid.

                Injil hari ini mengajak kita agar tetap pada pilihan mengikuti Yesus sekalipun banyak rintangan. Bila kita tetap setia berpegang padanya maka Dia akan setia kepada kita. Memang kerap terjadi bahwa orang bisa melanggar janji kesetiaan karena hal-hal sepele atau karena terdesak situasi misalnya karena demi karier lalu meninggalkan Yesus. Itulah perbedaan antara janji Tuhan dengan janji manusia. Hanya Tuhan yang tidak pernah lalai memegang dan memenuhi janji-Nya. Sering kali tanpa kita sadari akibat dari kesetiaan atau ketidaksetiaan kita akan dirasakan oleh banyak orang sesudah kita. Yesus menjanjikan akan bangkit pada hari ketiga dan memang benar demikian. Beranikah kita berjanji tetap setia pada Tuhan Yesus? (MES)

 

Pelita hati          : Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh (Mazmur 1:1).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar