Senin, 29 Juli 2013

Renungan Harian: Selasa, 30 Juli 2013

Renungan Harian: Selasa, 30 Juli 2013

Kel 33:7-11a;34:5b-9.28; Mat 13:36-43

 

Mengenali Gerak-gerik Kejahatan

 

Dalam penjelasan mengenai perumpamaan tentang lalang dan gandum Yesus mengatakan bahwa orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia, ladang ialah dunia dan musuh yang menaburkan bibit lalang adalah iblis.

Setiap kebaikan adalah berasal dari Allah, sedangkan yang jahat berasal dari iblis. Kadang-kadang kita sulit membedakan mana yang baik dan mana yang jahat karena kejahatan sering menyamar seperti kebaikan. Sama seperti lalang di tengah gandum sekilas jenisnya sama, tetapi pada hakikatnya berbeda. Hal itu termasuk kelicikan iblis. Tentu iblis tidak menaburkan benih pohon Jati ke tengah-tengah benih gandum. Maka melalui bacaan hari ini kita diajak untuk semakin mampu  memilah-milah mana dari Allah dan mana dari iblis, mana yang baik dan mana yang jahat.

Kekuatan jahat akan terus mengancam. Dan tidak dapat disangkal adanya. Manusia kiranya juga tak bakal mampu meniadakannya dengan kekuatan sendiri. Yang bisa dilakukan ialah belajar mengenali gerak-geriknya. Sehingga dengan demikian kita  semakin mampu membedakan mana yang baik dan mana yang jahat (AP).

Pelita Hati: Setiap kebaikan berasal dari Allah, sedangkan yang jahat berasal dari iblis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar