Minggu, 14 Juli 2013

Renungan Harian: Rabu, 17 Juli 2013

Renungan Harian: Rabu, 17 Juli 2013

Kel 3:1-6.9-12; Mat 11:25-27

Perkara Kecil juga Penting

 

Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering kurang memperhatikan hal-hal kecil dan sederhana. Hati lebih tertarik akan karya besar atau jabatan tinggi yang diraih. Padahal  hal kecil dan sederhana sering sangat berpengaruh dan menentukan. Orang-orang yang melakukan pekerjaan atau tugas-tugas kecil dan sederhana adalah orang-orang kecil, yaitu para pembantu atau pelayan, yang juga memperoleh imbal jasa atau gaji kecil. Orang kecil tersebut jarang mendapat pujian, sebaliknya ditegor dengan keras bila pekerjaannya kurang beres. Sering  dilupakan bahwa bila orang kecil (pembantu rumahtangga) libur maka banyak yang terkendala dan berantakan di rumah majikannya. Saat itulah majikan menyadari betapa penting peran pembantu. Maka benarlah atau dapat dipahami apa yang disabdakan oleh Yesus bahwa: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil".

Melalui Injil hari ini kita diajak untuk memperhatikan hal-hal atau perkara-perkara kecil  dan sederhana dalam hidup dan kerja kita setiap hari. Bila hal-hal kecil dan sederhana kita abaikan tentu hal-hal besar pun tidak akan kita raih.

Demikian juga dalam hidup rohani, kita harus menjadi orang kecil dalam arti hidup sederhana, hidup dengan rendah hati, dan berserah kepada Tuhan. Melalui cara hidup seperti inilah kita mengenal Tuhan dan menemukan rencana dan tindakan Tuhan yang sangat berharga bagi kita (AP).

 

Pelita Hati: kita harus menjadi orang kecil dalam arti hidup sederhana, hidup dengan rendah hati, dan berserah kepada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar