Rabu, 24 Juli 2013

Renungan Harian: Jumat, 26 Juli 2013

Renungan Harian: Jumat, 26 Juli 2013

Kel 20:1-17; Mat 13:18-23 - PW Yoakim dan Anna

Menjadi Lahan yang Baik

Tanah yang baik akan menumbuhkan tanaman yang baik. Kisah tentang si penabur dalam Injil hari ini mengajak kita untuk menyiapkan hati kita menjadi lahan yang baik bagi pertumbuhan sabda Tuhan. Menjadi tanah yang baik berarti mau mendengarkan sabda Tuhan serta melaksanakannya di dalam hidup sehari-hari. Sabda atau kehendak Tuhan dapat kita dengar atau ketahui melalui bacaan Kitab Suci, renungan, khotbah, cerita orang kudus, aneka ajaran, nasihat, petuah, saran, kritik dst.

Kita perlu menghayatinya sebagai kata-kata atau tindakan yang diilhamkan oleh Allah, yang memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam menuju kebenaran dan kehendak Tuhan. Kita semua membutuhkan aneka pengajaran yang menuntun kita menuju ke kebenaran atau keselamatan sejati.

Saat mendengar kehendak Tuhan kita sering kurang membuka hati. Kita kadang-kadang mau mendengar tetapi sebatas mendegar saja sehingga kehendak Tuhan itu cepat mati. Kadang-kadang kehendak Tuhan kita korbankan karena kita tidak mau menderita demi kebenaran. Kehendak dan firman Tuhan harus menghadapi aneka macam tantangan dan ancaman, tetapi percayalah bahwa bersama dan bersatu dengan Tuhan kita pasti mampu mengatasinya. Bila kita mau berarti hati kita menjadi lahan yang baik bagi kehendak Tuhan. Kita perlu belajar dari Santo Yoakim dan Santa Anna yang senantiasa membuka hati terhadap rencana dan kehendak Allah sehingga dari keluarga merekalah lahir Maria bunda Yesus (AP).

 

Pelita Hati: Kita semua membutuhkan aneka pengajaran yang menuntun kita menuju ke kebenaran atau keselamatan sejati.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar