Selasa, 04 Juni 2013

Renungan Harian: Senin, 03 Juni 2013

Renungan Harian: Senin, 03 Juni 2013

Tb 1:1a.2a.3; 2:1b-8; Mrk 12:1-12 – Pw Santo Karolus Lwangsa

 

Milik Allah

 

Sepanjang perjalanan dari Medan menuju ke Pematangsiantar ada banyak perkebunan kelapa sawit. Setiap kali saya mengantarkan orang yang baru melewati jalan itu selalu mengungkapkan rasa kagumnya atas begitu luasnya lokasi perkebunan sekaligus bertanya siapa pemiliknya? Jawabku ada yang milik pemerintah dan ada juga yang milik perusahaan tertentu.

  Dalam Injil hari ini Yesus menjelaskan hal Kerajaan Allah dengan perumpamaan kebun anggur. Pada bagian Kitab Suci yang lain telah dijelaskan bahwa Kebun Anggur yang dimaksud adalah bangsa Israel (Yes 5:7) dan pemiliknya adalah Allah sendiri. Penginjil Markus lebih melihat bagaimana sikap para penggarap kebun anggur itu sendiri terhadap utusan pemilik kebun anggur. Ada satu hal yang menarik dalam kisah ini yakni bahwa para penggarap yang telah dipercayakan oleh pemilik kebun anggur itu malah melakukan tindakan penolakan dan penganiayaan kepada para utusannya. Atas sikap dan tindakan para penggarap itu, akhirnya pemilik kebun anggur mengutus putranya sendiri dengan pikiran akan mereka segani, tetapi hasilnya mereka juga tetap membunuhnya. Hal ini membuat orang-orang Farisi dan para musuh Yesus marah karena yang dimaksudkan adalah mereka sendiri.

Semua kita yang percaya kepada Kristus adalah milik Allah. Kerajaan Allah yang digambarkan sebagai kebun anggur diperuntukkan kepada kita. Akan tetapi, dalam kenyataannya sering kita menolak untuk memilikinya dan mau mencari kerajaan kita sendiri. Yesus yang diutus oleh Allah ke dunia untuk mewartakan Kerajaan Allah sekaligus menjadikan kita pemilik Kerajaan Allah tetapi kita menolaknya. Atas sikap kita ini, Tuhan pada waktunya akan menyerahkan Kerajaan itu kepada orang lain. Oleh karena itu, kita diundang untuk membuka diri agar bisa menerima dan mengimani Yesus Kristus dengan melaksanakan segala perintah-Nya sehingga kita juga diperkenankan untuk masuk dan menikmati Kerajaan Allah (Dom).

 

Pelita Hati: Kerajaan Allah yang digambarkan sebagai kebun anggur diperuntukkan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar