Sabtu, 29 Juni 2013

Renungan Harian: Senin, 01 Juli 2013

Renungan Harian: Senin, 01 Juli 2013

Kej 18:16-33; Mat 8:18-22

Panggilan sebagai Pengikut Tuhan

               

Seorang pengikut adalah orang yang menuruti ataupun mengikuti sosok yang diikutinya. Kalau dalam perjalanan, seorang pengikut akan selalu mengikuti yang di depannya; bila ia seorang bawahan akan selalu mengikuti atasannya; dan bila ia seorang murid akan selalu mengikuti gurunya. Seorang pengikut adalah seorang yang menirukan: apa atau bagaimana cara hidup dan ataupun buah pikiran pemimpinnya.

                Seorang pemimpin ataupun sosok yang akan diikuti, tentu berkeinginan agar diikuti oleh para pengikutnya dengan sempurna. Apa yang dilakukan oleh pemimpin hendaknya dilakukan oleh bawahannya ataupun anggotanya.

                Demikian juga harapan Yesus bagi mereka yang ingin mengikuti-Nya; Ia mengharapkan agar orang yang mau mengikuti-Nya benar-benar tidak terikat lagi kepada hal-hal lahiriah. Pengikut Yesus harus berani melepaskan ikatan duniawi itu, seperti yang telah diteladankan oleh Yesus sendiri.

                Bagaimana dengan kita? Benarkah kita pengikut Yesus? Apakah kita berani mengutamakan Tuhan dan Gereja-Nya lebih daripada kepentingan adat ataupun hal-hal duniawi semata? Mari bertanya diri apakah kita sudah pantas disebut sebagai pengikut Tuhan ataupun seorang kristiani? (DG)

 

Pelita Hati: Mengikuti Tuhan adalah jawaban tertinggi dari setiap panggilan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar