Kamis, 27 Juni 2013

Renungan Harian: Sabtu, 29 Juni 2013

Renungan Harian: Sabtu, 29 Juni  2013

Kis 12:1-11; 2 Tim 4:6-8.17-18; Mat 16:13-19 - HR St. Petrus dan Paulus, Rasul

 

Mengenal dengan Meniru

 

                Dalam acara di televisi, kerap kali kita menyaksikan berbagai kegiatan hiburan yang sedikit banyak mencoba untuk mengasah pikiran. Ada banyak hiburan game yang disajikan dan juga tak ketinggalan perlombaan quis atau bentuk tanya jawab lainnya. Semuanya bermaksud untuk menciptakan suasana hiburan yang cukup menggembirakan.

                Injil hari ini menampilkan nuansa “quis” terselubung dari Yesus, yang bertanya kepada para murid-Nya. Hanya Simon Petrus yang mampu menjawab dengan benar berkat bantuan Roh Kudus. Ketika Yesus bertanya tentang siapakah Diri-Nya, Simon Petrus menjawab, “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang Hidup!”

                Hari ini kita merayakan Petrus dan Paulus, rasul kebanggaan Gereja. Jawaban Petrus dalam Injil hari ini tentang siapakah Yesus, menampakkan kedalaman pengenalannya akan Yesus. Dan kesaksian Petrus dan Paulus dalam bacaan pertama dan kedua telah sungguh-sungguh menunjukkan iman mereka.

                Kita berkata telah mengenal Yesus. Apakah kita sanggup sampai pada tindakan nyata sebagai tanda bahwa kita telah mengenal Yesus? Mari meniru teladan Petrus dan Paulus. Pengenalan mereka akan Yesus bukan hanya pada bibir semata, bukan hanya dalam sebutan doa-doa; akan tetapi lebih daripada itu dalam pemberian diri secara nyata, bahkan rela sampai bertaruh nyawa (DG).

 

Pelita Hati: Pengenalan sejati mampu mengikuti orang yang dikenali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar