Sabtu, 29 Juni 2013

Renungan Harian: Rabu, 03 Juli 2013

Renungan Harian: Rabu, 03 Juli 2013

Ef 2:19-22; Yoh 20:24-29 - Pesta St. Thomas, Rasul

 

Panggilan untuk Percaya

 

                Para murid Yesus ada dua belas orang. Dari antara kedua belas murid Yesus itu, kebanyakan orang tidak mau melekatkan nama dua murid ke dalam jati dirinya. Nama kedua murid itu adalah Yudas Iskariot dan Thomas yang kita pestakan hari ini. Ketika orang digelari si “Thomas”, kita langsung teringat akan sikap Thomas yang kurang percaya, yang menjadi lekat pada orang yang digelari si ‘Thomas”.

                Bacaan Injil hari ini mengungkap bagaimana Thomas tidak percaya kepada berita dari para murid lain tentang kehadiran Yesus di tengah-tengah mereka. Akibatnya, Yesus marah akan ketidakpercayaan Thomas. Yesus bersabda, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

                Ketidakpercayaan Thomas memiliki makna tersendiri. Ia tidak percaya kepada para murid, yakni bagian dari Gereja Perdana. Ini sama artinya Thomas mengabaikan warta gembira Gereja yang disampaikan kepadanya. Inilah yang membuat Yesus menegurnya.

                Dengan pengalaman Thomas yang ditegur karena kurang percaya, kita juga diingatkan untuk mempercayai dan terlebih melakukan warta gembira Gereja yang disampaikan kepada kita. Mari belajar taat sebagai buah dari kepercayaan! (DG)

 

Pelita Hati:            Ketidakpercayaan akan membangkitkan ketidaktaatan. Kepercayaan akan melahirkan ketaatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar