Kamis, 27 Juni 2013

Renungan Harian: Minggu, 30 Juni 2013

Renungan Harian: Minggu, 30 Juni  2013

2 Raj 19:16b.19-21; Gal 5:1.13-18; Luk 9:51-62 - MB XIII

 

Prioritas Hidup

 

                Berbuat baik itu adalah panggilan yang amat sulit untuk dilakukan. Kerap kali, kita merasa akan berjalan dengan lancar apa yang direncanakan, apalagi bila hal itu demi kepentingan banyak orang. Namun, dalam kenyataannya, hal itu terjadi tidak seperti yang diharapkan. Kita kecewa dan bahkan marah, lalu ingin melakukan tindakan yang sifatnya menghajar mereka-mereka yang kurang menerima tindakan kita.

                Dalam hal ini, Yesus mengingatkan kita bahwa tujuan hidup kita adalah prioritas hidup kita. Apa itu, mengikuti Tuhan untuk menjalankan kasih. Dalam kasih tidak ada sakit hati apalagi balas dendam. Karena itulah, Yesus tidak menyetujui aksi marah dari para murid ketika orang Samaria menolak Yesus dan para murid.

                Yesus sadar benar bahwa untuk mengikuti Dia bukanlah hal mudah. Orang harus rela berkurban, meninggalkan segala-galanya bahkan sampai menyerahkan nyawa demi orang lain. Kasih yang demikian yang diharapkan oleh Yesus untuk diteladani oleh para pengikut-Nya.

                Berhadapan dengan harapan Yesus untuk mengikuti Dia dalam melakukan kasih yang sehabis-habisnya, apakah kita sanggup? Kita semua yakin, bila dari hati kita ingin mengabdi Tuhan; maka kasih kita pun akan mengalir seperti sungai dan tak pernah kering meskipun di musim kemarau panjang. Mari berjuang untuk setia mengikuti Yesus dalam kasih, sebagai prioritas utama dalam hidup kita (DG).

 

Pelita Hati: Prioritas hidup yang sejati adalah prioritas yang selalu mengandalkan kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar