Senin, 17 Juni 2013

Renungan Harian: Minggu, 23 Juni 2013

Renungan Harian: Minggu, 23 Juni  2013

 Zak 12:10-11; 13:1; Gal 3:26-29; Luk 9:18-24 – MB XII

 

Dikenal lewat Karya

 

                Dalam retret ataupun dalam rekoleksi, kita sering disajikan dengan pertanyaan sekaligus permenungan tentang siapakah kita menurut diri kita sendiri; demi pengenalan diri secara lebih dalam. Tak jauh beda dengan bacaan Injil pada hari ini. Injil hari ini menyatakan tentang pengenalan diri; hanya saja pengenalan diri itu lebih difokuskan dari sudut pandang luar, yakni orang banyak dan juga para murid. Yesus menghendaki agar para murid menyatakan tentang siapakah diri-Nya menurut orang banyak dan para murid sendiri. Hal ini mau memberi pelajaran bagi kita bahwa adalah perlu sejenak untuk evaluasi tentang diri kita dalam segala karya yang telah kita buat.

                Dan terbuktilah, bahwa pengenalan orang banyak dan para murid tentang Yesus berhadapan dengan karya-Nya; membuktikan siapakah Yesus di hadapan orang yang dijumpai-Nya. Ada yang mengatakan Yohanes pembaptis, ada juga yang mengatakan Elia, ada pula yang mengatakan bahwa salah seorang dari nabi-nabi dahulu yang telah bangkit. Namun menurut Petrus, Yesus itu adalah Mesias dari Allah.

                Bagaimana dengan kita? Apakah pekerjaan ataupun karya kita telah mampu menunjukkan siapakah kita? Tentunya yang kita mengerti di sini adalah: sebagaimana Yesus bertanggung jawab dalam melakukan karya-Nya sehingga Ia dapat dikenali; demikian juga kita harus bertanggung jawab akan setiap pekerjaan yang diberikan kepada kita (DG).

 

Pelita Hati: Seseorang dikenali dari apa yang telah dilakukannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar