Minggu, 23 Juni 2013

Renungan Harian: Kamis, 27 Juni 2013

Renungan Harian: Kamis, 27 Juni  2013

Kej 16:1-12.15-26; Mat 7:21-29

Melakukan Kehendak Bapa

                “Ora et labora”. Berdoa dan bekerja. Ungkapan ini sudah sangat lama dan cukup sering didengungkan bagi kita. Namun, dalam kenyataannya, kita belum berani untuk masuk lebih dalam menjalani ataupun menghidupi ungkapan “Ora et labora” ini.

                Yesus cukup tegas mengatakan, “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! Akan masuk Kerajaan Surga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di surga. Bila kita menyadari apa yang disabdakan Yesus dalam Injil hari ini, kita seharusnya merasa malu dengan diri kita masing-masing. Kita sering berpikir bahwa orang yang lebih sering ke gereja dan berdoa adalah orang yang otomatis masuk dalam Kerajaan Surga. Kita menganggap bahwa kita sudah cukup baik dengan sering berdoa.

                Bagi Yesus, keseringan berdoa bukanlah jawaban mutlak untuk masuk Kerajaan Surga. Yesus menginginkan lebih. Yesus tidak butuh kata dan ungkapan hati saja. Jauh melebihi semuanya itu, Tuhan Yesus membutuhkan tindakan nyata yakni perbuatan baik dari diri kita. Dengan demikian, kehadiran kita bisa lebih berguna bagi mereka yang membutuhkan. Sudahkah kita berbuat demikian? Bila kita sudah melakukan apa yang kita katakan, tentunya kita sudah mendirikan hidup kita pada dasar yang kokoh; bagaikan rumah dibangun di atas batu. Semoga kita mampu! (DG)

 

Pelita Hati:            Katakan apa yang baik, belumlah cukup. Lakukan apa yang baik, itu lebih daripada cukup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar