Selasa, 04 Juni 2013

Renungan Harian: Kamis, 06 Juni 2013

Renungan Harian: Kamis, 06 Juni 2013

Tb 6:10-11;7:1.6.8-13;8:1.5-9; Mrk 12:28b-34

 

Mengasihi Tuhan dan Sesama

 

Dalam bacaan Injil, Yesus mengetengahkan dua hukum yang harus diutamakan dan dimiliki serta dilaksanakan oleh manusia yakni kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama manusia. Kedua hukum yang diwartakan Yesus ini sebenarnya sudah terpatri dalam hati manusia yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Bahkan ketika orang-orang Saduki bertanya kepada Yesus “Hukum mana yang paling utama?’ untuk menjebak-Nya,Yesus menjawab kasihilah Tuhan Allah-Mu dengan segenap hatimu, segenap tenagamu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri menjadikan mereka semua bungkam. Mengapa mereka bungkam? Karena ternyata di dalam kedua hukum ini telah terangkum semua hukum yang diberikan Allah kepada manusia untuk mencapai kebahagiaan dan memasuki Kerajaan Allah.

Allah dengan kasih-Nya telah menciptakan kita manusia. Yang dikehendaki oleh Allah bagi manusia adalah supaya manusia berbahagia. Lalu pertanyaannya apa yang harus dilakukan manusia supaya bahagia, damai? Mengumpulkan harta kekayaan sebanyak-banyaknya? Perjuangan untuk memperoleh berbagai gelar? Semua itu adalah baik tetapi yang lebih penting adalah keterbukaan hati untuk mengasihi Tuhan dan sesama. Inilah dua hal penting yang harus dilakukan manusia untuk memperoleh kebahagiaan sekaligus jaminan dalam perjalanan hidup kita menuju ke surga.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah merasa cukup hanya dengan berdoa kepada Tuhan sudah menjadi jaminan masuk surga? Atau sebaliknya hanya mau membantu sesama karena kita memiliki banyak harta tanpa mempedulikan apa perintah Allah yang harus kita laksanakan? Mari kita berusaha untuk menunjukkan sikap kasih kita kepada Tuhan dan juga kepada sesama kita (Dom).

 

Pelita Hati: Kasihilah Tuhan Allah-Mu dengan segenap hatimu, segenap tenagamu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar