Kamis, 27 Juni 2013

Renungan Harian: Jumat, 28 Juni 2013

Renungan Harian: Jumat, 28 Juni  2013

Kej 17:1.9-10.15-22; Mat 8:1-4 - Pw Santo Ireneus, Uskup dan Martir

 

Memberi Diri

 

                Yesus adalah seorang “pekerja” yang datang dari Allah. Injil hari ini mengatakan bahwa Yesus kembali turun dari bukit atau istilah lain “turun gunung”. Yesus rindu berkarya. Karya Yesus bukan asal-asalan, Ia ingin berguna bagi sesamanya.              Dikisahkan bagaimana seorang yang menderita kusta datang memohon kesediaan Yesus untuk mentahirkan kustanya. Dan Yesus menyembuhkannya.

                Apa yang bisa kita teladani dari sikap Yesus ini? Hendaknya kita sadar bahwa kita bisa berguna bagi sesama, asal kita mau memberi diri. Kira harus mau “turun gunung” artinya terjun ke lapangan. Kita jangan hanya tinggal di kamar ataupun asyik menonton pun melakukan kesenangan pribadi lainnya. Kalau kita mau memberi diri, banyak orang yang membutuhkan kita akan tertolong.

                Bagaimana dengan kita? Apakah alasan tradisional kita masih terucap kembali: aku sibuk?! Kalau benar kita sibuk, apakah kesibukan itu bisa dirasakan banyak orang? Ataukah hal itu hanya sebuah kesibukan pribadi dan hasilnya demi kesenangan pribadi?

                Pada hari Keluarga ini, kita diundang untuk semakin memberi diri; terlebih perhatian akan keluarga-keluarga kita sebagai basis dasar bagi iman dan karya Gereja. Mari kita tiru teladan St. Ireneus, beliau memberi diri bahkan nyawanya bagi keluarganya; yakni keuskupan yang dipercayakan kepadanya (DG).

 

Pelita Hati: Orang yang mulia adalah orang yang berguna bagi sesama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar