Senin, 13 Mei 2013

Renungan Harian: Selasa, 14 Mei 2013

Renungan Harian: Selasa, 14 Mei 2013

Kis 1:15-17.20-26; Yoh 15: 9-17 - Pesta St. Matias Rasul

 

Matias Dipilih untuk Melayani

            Matias Rasul tidak langsung dipilih oleh Yesus seperti keduabelas murid yang sebelumnya. Dia dipilih oleh para rasul untuk menggantikan Yudas Iskariot yang telah mengkhianati Yesus. Orang yang akan dipilih adalah dia yang senantiasa berkumpul bersama dengan para pengikut Yesus yang kelak akan menjadi saksi tentang kebangkitan-Nya. Dia yang akan dipilih akan diberi tugas untuk menerima jabatan pelayanan. Setelah berdoa Tuhan menunjukkan kepada mereka bahwa Matias menjadi orang yang terpilih untuk menggantikan Yudas melengkapi jumlah keduabelas murid Yesus.

                Kerasulan yang utama dari para murid dan pengikut Yesus adalah mewartakan kebangkitan Tuhan Yesus yang dinyatakan lewat pelayanan. Matias dan para murid yang lain setia melaksanakan tugas perutusan itu. Tugas yang sama diwariskan kepada semua orang yang percaya kepada Kristus sampai pada hari ini. Kebangkitan Yesus yang menyelamatkan harus menjadi pusat pewartaan para orang Kristen zaman ini, yang secara khusus dinyatakan dalam pelayanan kasih dengan perbuatan-perbuatan nyata. Itulah tugas yang secara nyata diembankan kepada para orang Kristen ketika mereka dibaptis dan mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan dan Penyelamat mereka.

                Pesan saling mengasihi seperti disampaikan dalam Injil hari ini, adalah salah satu pokok permenungan kita sebagai orang Kristen dan dasar dalam saling mengasihi. Sikap saling mengasihi ditampakkan pertama-tama dalam sikap persahabatan yang didasari oleh kasih dan saling menghormati satu sama lain. Hidup persahabatan yang didasari oleh cinta seperti Yesus mencintai manusia, akan mendorong setiap orang untuk selalu lebih dahulu menghargai orang lain daripada menunggu untuk dihargai dan dihormati. Persahabatan yang didasari kasih yang benar akan selalu mendorong orang untuk dengan senang hati membantu orang di sekitarnya yang membutuhkan pertolongannya (SM).

 

Pelita Hati: Kerasulan yang utama dari para murid dan pengikut Yesus adalah mewartakan kebangkitan Tuhan Yesus yang dinyatakan lewat pelayanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar