Senin, 06 Mei 2013

Renungan Harian: Selasa, 07 Mei 2013

Renungan Harian: Selasa, 07 Mei 2013

Kis 16:22-34; Yoh 16: 5-11

Dihibur oleh Roh Tuhan

            Yesus memaklumkan bagaimana Dia akan pergi meninggalkan para murid di dunia ini. Berita ini segera mendatangkan kesedihan bagi mereka. Mereka sedih karena tidak lagi bersama-sama dengan Sang Guru dalam menjalani hidup di dunia ini. Perasaan sedih itu muncul karena Yesus yang pernah hidup dengan mereka akan jauh dan tidak lagi akan tinggal di antara mereka seperti sediakala. Ketidakhadiran Yesus sebagaimana sempat mereka alami ketika Yesus wafat dan dimakamkan sungguh membuat mereka sangat ketakutan dan tidak mempunyai kekuatan untuk hidup. Semua ini membuat para murid sedih.

                Tetapi Yesus telah mempunyai rencana untuk para murid-Nya. Cara pandang murid sungguh berbeda dengan apa yang telah dirancangkan oleh Tuhan kepada mereka. Dan dengan tegas Yesus berkata bahwa adalah lebih berguna jika Dia pergi. Sebab jikalau Dia tidak pergi, Penghibur tidak akan datang. Yesus tidak akan membiarkan para murid tinggal dalam dukacita karena akan ditinggalkan oleh Yesus. Yesus sendiri akan berbuat sesuatu untuk mereka, untuk memastikan bahwa mereka tidak akan tinggal dalam dukacita seperti mereka bayangkan. Dan jika itu akan terjadi, maka Roh itu akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman. Dia akan memaklumkan dosa dunia yakni karena tetap ada orang yang tidak percaya kepada Tuhan. Pekerjaan Roh yang sedemikian tentu akan meneguhkan para murid yang memang percaya kepada Tuhan. Roh itu akan memberikan penghiburan kepada mereka karena tetap berpegang teguh pada kebenaran yang berasal dari Tuhan.

                Umat beriman adalah mereka yang dituntun oleh Roh untuk mengenal Tuhan dan Kebenaran-Nya dan pengenalan yang benar itu akan membawa umat kepada kebahagiaan yang sejati. Orang yang tinggal dalam Kebenaran seperti ini akan mampu berjalan dalam jalan yang benar pula dan di dalamnya tidak akan ketakutan, dukacita, dan kesedihan serta perasaan ditinggalkan. Orang Kristen yang benar akan selalu bersukacita, karena walaupun Tuhan tak lagi ada beserta mereka secara fisik, tapi kehadiran-Nya selalu pasti dalam hidup lewat Roh yang selalu berjalan bersama dengan kita (SM).

 

Pelita Hati: Umat beriman adalah mereka yang dituntun oleh Roh untuk mengenal Tuhan dan Kebenaran-Nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar