Kamis, 16 Mei 2013

Renungan Harian: Sabtu, 18 Mei 2013

Renungan Harian: Sabtu, 18 Mei 2013

Kis 28: 16-20.30-31; Yoh 21:20-25

 

Para Murid adalah Saksi atas Yesus dan Kebenaran-Nya

            Seluruh pewartaan Yesus akan menjadi warta ke seluruh dunia bila ada orang yang setia memberi kesaksian atas Yesus yang mereka percayai. Kita tahu bahwa Injil ini ditulis oleh orang yang sungguh percaya kepada Yesus setelah melihat dan mendengar sendiri bagaimana para pengikut setia Yesus hidup dan berjuang menjaga iman yang mereka terima. Mereka semua berjuang untuk menjadi saksi hidup dan nyata dari karya dan pewartaan Yesus. Dan sesungguhnya itulah yang kita baca dalam Injil, walaupun seperti disebutkan dalam bagian akhir Injil ini, bahwa masih ada banyak hal lagi yang pernah dibuat oleh Yesus tetapi tidak tercatat dalam Injil karena tidak mungkin semua tertulis. Akan tetapi, apa yang tertulis dalam Injil ini adalah agar semua percaya bahwa segala sesuatu yang diwartakan dan disampaikan tentang Yesus adalah benar dan harus dipercayai.

                Para murid dan saksi-saksi pertama tentang Yesus telah tiada. Tetapi berkat jasa mereka, kita dapat memperoleh sumber iman yang benar akan Yesus lewat semua yang tercatat dalam Kitab Suci. Mereka bukan hanya orang-orang yang berbicara tentang Yesus, tetapi pertama-tama adalah pelaku dari pesan-pesan Yesus. Mereka adalah orang-orang yang dengan keyakinan akan bantuan Tuhan sendiri, hadir menjadi pewarta yang tak pernah kenal lelah untuk mewartakan Kabar Baik Tuhan.

                Kini tugas menjadi saksi Yesus dan Kebenaran-Nya ada pada kita semua yang mengaku diri percaya kepada Yesus. Setiap orang yang percaya kepada Tuhan mengemban tugas untuk menjadi saksi hidup atas Kabar Baik Tuhan. Tugas kitalah mewartakan iman kita dengan membuatnya nyata dalam hidup sehari-hari, lewat tutur kata dan perbuatan-perbuatan kita. Setiap orang dari antara kita adalah saksi lewat perbuatan nyata, yang akan meyakinkan orang lain untuk setia kepada imannya atau untuk mulai percaya kepada Yesus (SM).

 

Pelita Hati: Setiap orang yang percaya kepada Tuhan mengemban tugas untuk menjadi saksi hidup atas Kabar Baik Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar