Kamis, 09 Mei 2013

Renungan Harian: Sabtu, 11 Mei 2013

Renungan Harian: Sabtu, 11 Mei 2013

Kis 18:23-28; Yoh 16:23b-28

 

Bapa Mengasihi Kita karena Kita Percaya dan Mengasihi Kristus

 

            Yesus mengajar dan mengajak para murid-Nya berdoa kepada Bapa dan menyampaikan seluruh permohonan mereka kepada-Nya. Yesus meminta mereka melakukan semua itu dalam iman dan kepercayaan. Iman dan kepercayaan itu akan menjamin bahwa doa mereka akan didengarkan karena Bapa mencintai mereka dan Yesus sendiri akan menjadi pengantara yang memohon kepada Bapa.

                Yesus datang ke dunia sebagai utusan Bapa. Dia datang untuk melaksanakan kehendak Bapa-Nya. Seluruh pewartaan yang dilakukan oleh Yesus adalah pewartaan akan Bapa yang baik hati yang selalu mengasihi umat-Nya. Dalam diri-Nya dan lewat seluruh karya-Nya Yesus menyatakan kesatuan yang erat antara Dia dan Bapa-Nya. Dia menunjukkan bahwa dalam Dia ada Bapa dan Bapa ada dalam Dia. Karena itu, Yesus mengajar para murid sambil berpesan bahwa Bapa akan mengasihi mereka karena mereka telah percaya dan mengasihi Yesus.

                Berdasar pada pesan Yesus ini, maka Gereja selalu mengarahkan doa-doa liturgisnya kepada Allah Bapa tetapi selalu disimpulkan dalam nama Yesus dengan menyebut-Nya sebagai Pengantara. Seluruh harapan dan permohonan kita senantiasa kita tujukan pertama-tama kepada Allah Bapa untuk kemudian kita perteguh dengan perantaraan Yesus Kristus Putra-Nya. Kesatuan seperti ini menjamin bahwa setiap orang yang percaya dan berdoa kepada Bapa dan menjadikan Yesus sebagai Pengantara satu-satunya, selalu dapat berharap bahwa doa dan permohonannya akan dikabulkan.

                Iman kita kepada Yesus adalah juga iman kita kepada Allah Bapa. Kasih kita kepada Yesus adalah kasih kita juga kepada Bapa. Percayalah dan kasihilah Yesus dalam kebenaran, maka kasih Allah akan semakin melimpah bagi kita. Itu berarti ketika kita menjadikan Yesus sebagai dasar dan tujuan hidup kita, maka Allah akan selalu mengarahkan pandangan kepada kita dan akan menjamin keselamatan bagi kita. Dan ketika itu terjadi pada kita, kita sedang mengalami kasih Allah yang sempurna (SM).

 

Pelita Hati: Iman kita kepada Yesus adalah juga iman kita kepada Allah Bapa.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar