Senin, 13 Mei 2013

Renungan Harian: Rabu, 15 Mei 2013

Renungan Harian: Rabu, 15 Mei 2013

Kis 20:28-38; Yoh 17:11b-19

Berjaga-jaga dalam Iman

            Nasihat untuk berjaga-jaga biasanya disampaikan oleh seorang yang hendak meninggalkan orang-orang yang dikasihinya untuk jangka waktu yang lama atau untuk selamanya. Petuah-petuah bijak diberikan agar mereka yang ditinggalkan dapat hidup rukun dan selalu menjaga diri agar tidak jatuh dalam dosa.

                Paulus pun ketika akan berpisah dengan para penatua di Efesus memberikan nasihat-nasihat untuk setia pada iman yang benar sebagaimana telah diperjuangkannya. Dia mau agar tugas penggembalaan jemaat senantiasa dijaga sebagaimana dia perjuangkan. Paulus juga tak lupa mengingatkan mereka akan berbagai bahaya yang datang mengancam iman dan kesetiaan mereka. Paulus mengajak mereka berjaga-jaga dengan berbagi pengalaman perjuangannya dalam tugas penggembalaan umat. Paulus pun menyerahkan mereka kepada Tuhan agar mengingat dan menjadikan firman kasih karunia-Nya menjadi pegangan dan kekuatan iman mereka.

                Dalam doa-Nya untuk para murid-Nya, Yesus memohon kepada Bapa-Nya agar mereka tetap terjaga seperti ketika Yesus masih bersama dengan mereka. Yesus berdoa agar tidak seorang pun dari yang diberikan Bapa kepada-Nya binasa. Yesus memohon kepada Bapa agar mereka yang dipercayakan kepada-Nya selalu dilindungi oleh Bapa-Nya dan ingin agar mereka yang percaya kepada-Nya siap untuk diutus ke dalam dunia seperti Yesus yang diutus ke dalam dunia.

                Doa Yesus ini adalah pesan kepada kita zaman ini untuk setia dan berjaga-jaga dalam sikap hidup yang benar seperti dimintakan oleh Yesus kepada Bapa-Nya. Doa Yesus ini adalah nasihat kepada kita yang mengikuti Dia agar selalu yakin dan percaya bahwa dalam dunia di mana kita memperoleh tantangan tidak akan takut atau malah mundur dari iman yang benar. Sebaliknya yakin dan percaya bahwa kita dalam lindungan dan tuntunan tangan Tuhan. Demikian kita akan selalu berjaga-jaga dalam iman yang benar (SM).

 

Pelita Hati: Nasihat untuk berjaga-jaga biasanya disampaikan oleh seorang yang hendak meninggalkan orang-orang yang dikasihinya untuk jangka waktu yang lama atau untuk selamanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar