Senin, 06 Mei 2013

Renungan Harian: Rabu, 08 Mei 2013

Renungan Harian: Rabu, 08 Mei 2013

Kis 17:15.22-8:1; Yoh 16:12-15

 

Roh yang Benar Menuntun kepada Kebenaran

 

            Roh yang akan diberikan oleh Yesus kepada para murid adalah Roh Kebenaran yang akan memimpin mereka kepada seluruh kebenaran. Roh itu akan membuat para murid dapat sampai kepada pengertian yang benar tentang siapa Yesus yang mereka percayai dan seluruh pesan-Nya. Dan sesungguhnya ketika hal ini terjadi di antara para murid dan pengikut Kristus, itu berarti mereka sedang dituntun oleh Roh yang benar dan tuntunan itu haruslah tampak dalam pengalaman hidup yang nyata.

                Pengalaman hidup orang Kristen sejak dulu sampai sekarang adalah pengalaman berjalan dan berjuang agar semakin setia dalam mengikuti jalan Tuhan. Ada masanya keyakinan dan kesetiaan sedemikian kuat dan teguh, sehingga tantangan dan godaan yang begitu kuat pun dapat diatasi dengan mudah sambil yakin dan percaya kepada tuntunan Roh Tuhan. Tapi tak jarang keyakinan akan bimbingan Roh Tuhan itu seolah tak memberi pengaruh apa-apa pada hidup nyata kita. Kesulitan, tantangan, dan godaan kecil bisa membuat seseorang begitu jatuh dan seakan tak punya kekuatan apa-apa untuk mengatasinya. Mudah putus asa, mulai meragukan Tuhan dan akhirnya semakin terpuruk.

                Orang yang percaya kepada Kristus sering menyembunyikan Roh Tuhan itu di bawah harta, kuasa, dan kesombongan-kesombongan manusiawi lainnya. Manusia sesungguhnya tahu bahwa semua itu tak pernah bisa diandalkan. Pilihan terbaik dan bijaksana bagi orang Kristen adalah membuka hati untuk Roh yang mau berdiam dan bekerja di dalam hatinya. Membiarkan diri dalam keheningan untuk kemudian mampu mendengarkan bisikan Roh yang menuntun kepada kebenaran sejati (SM).  

 

Pelita Hati: Pilihan terbaik dan bijaksana bagi orang Kristen adalah membuka hati untuk Roh yang mau berdiam dan bekerja di dalam hatinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar