Rabu, 22 Mei 2013

Renungan Harian: Minggu, 26 Mei 2013

Renungan Harian: Minggu, 26 Mei 2013

Am 8:22-31; Rm 1:1-5; Yoh 16:12-15 – HR Tritunggal Maha Kudus

 

Roh akan Memimpin Kamu ke dalam Seluruh Kebenaran

 

Rencana Allah pada dunia dan hidup manusia merupakan misteri. Tak seorang pun  secara spontan dapat mengetahui dan memahaminya. Meskipun demikian, kita telah menjalani hidup di dunia ini. Untuk dapat memahami rencana Allah, dibutuhkan waktu dan proses yang lama. Di dalam proses itu manusia tidak berjuang sendirian tetapi membutuhkan bantuan dari Allah.

Kehadiran Yesus Kristus di tengah dunia merupakan satu anugerah dan rahmat yang besar bagi manusia. Lewat kehadiran Yesus Kristus yang adalah Anak Allah, dunia dan manusia secara perlahan tapi pasti akan memahami apa rencana Allah bagi dunia dan manusia. Hal ini karena apa yang disampaikan oleh Yesus Kristus bersumber dari  Allah. Segala yang dimiliki Yesus Kristus adalah milik Allah. Segala sesuatu yang dikatakan dan diperbuat oleh Yesus bersumber dari Allah. Tetapi, bagaimana cara dunia dan manusia memahaminya membutuhkan waktu dan Proses. Di dalam proses menuju pemahaman dan pengertian akan rencana Allah, Yesus menjanjikan seorang penolong yakni Roh Kudus. Dengan bantuan Roh Kudus, manusia memahami rencana Yesus bagi dunia dan manusia.

Bagaimana kita yang hidup dan tinggal di dunia ini, sudahkah kita memahami rencana Allah bagi dunia dan diri kita? Maukah kita terbuka untuk bekerja sama dengan Roh Kudus sang penolong yang dijanjikan Yesus? Semoga setiap kita mau dan berusaha untuk membangun keakraban dengan Roh, menegaskan segala tindakan di dalam Roh sebelum melakukannya, menjalankan segala sesuatu dengan bimbingan Roh, sekaligus membuat segala perencenaan dalam terang Roh Kudus. Karena Roh Kuduslah yang memimpin kita masuk dalam kebenaran (Dom).

 

Pelita Hati: Lewat kehadiran Yesus Kristus yang adalah Anak Allah, dunia dan manusia secara perlahan tapi pasti akan memahami apa rencana Allah bagi dunia dan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar