Kamis, 16 Mei 2013

Renungan Harian: Minggu, 19 Mei 2013

Renungan Harian: Minggu, 19 Mei 2013

Kis 2:1-11; Rm 8:8-17; Yoh 14:15-16. 23b-26 - HR Pentakosta

 

Roh Kudus

Hari ini Gereja merayakan hari turunnya Roh Kudus di atas para Rasul. Janji Yesus kepada murid-Nya bahwa Ia akan meminta kepada Bapa supaya mengirimkan Penolong bagi para  murid, terpenuhi.  Hari ini sang Penolong/ Roh Kudus turun memenuhi para Murid. Peristiwa ini dengan jelas diceritakan dalam bacaan pertama dari Kisah para rasul. Roh Kudus menggerakkan dan mengilhami para rasul untuk tampil sebagai Saksi Kristus. Ciri orang yang dipenuhi Roh kudus adalah berani tampil membela dan memberi kesaksian akan Imannya.

Sementara melalui suratnya kepada jemaat di Roma; Paulus membeberkan kebenaran Iman bahwa semua orang yang dipimpin oleh Roh Kudus adalah anak Allah dan semua anak memperoleh hak warisan yang sama, yaitu keselamatan. Supaya dapat merengkuh warisan keselamatan ini, tuntutannya jelas, yaitu hidup harus dipimpin oleh Roh Kudus bukan oleh daging. Daging dalam bahasa Paulus berarti hawa nafsu, iri hati, kesombongan, dan egoisme diri.

Mari kita memohon karunia Roh Kudus untuk membaharui hidup kita, biarkanlah hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus, agar kita diperkenankan merengkuh keselamatan kekal. Keselamatan ini dapat kita raih dengan jauh dari hawa nafsu, iri hati hati, kesombongan, dan egoisme diri (Dom).

 

Pelita Hati: Semua orang yang dipimpin oleh Roh Kudus adalah anak Allah dan semua anak memperoleh hak warisan yang sama, yaitu keselamatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar