Kamis, 09 Mei 2013

Renungan Harian: Minggu, 12 Mei 2013

Renungan Harian: Minggu, 12 Mei 2013

Kis 7:55-60; Why 22:12-14.16-17.20; Yoh 17: 20-26 - Paskah VII; Hari Komunikasi Sedunia

 

Mengkomunikasikan Tuhan

 

            Dalam doa Yesus untuk murid-murid-Nya, Dia menyampaikan permohonan agar semua orang yang percaya kepada-Nya menjadi satu seperti Bapa dan Putra adalah satu. Doa Yesus ini adalah komunikasi, tetapi bukan sekadar obrolan kosong semata. Apa yang disampaikan oleh Yesus kepada Bapa-Nya adalah kerinduan dan harapan-Nya agar keindahan bersatu seperti terjadi antara Bapa dan Putra dapat juga dialami oleh setiap orang yang percaya.

                Mengapa Yesus menyampaikan itu? Dia berkomunikasi dengan Bapa-Nya tentang sesuatu yang sangat penting untuk manusia, yakni keselamatannya. Dia mau agar mereka yang percaya kepada-Nya tidak binasa. Yesus tahu apa yang sangat diperlukan oleh manusia dan keperluan itulah disampaikan-Nya kepada Bapa-Nya. Dalam hal inilah Yesus sungguh menjalankan komunikasi yang benar. Menyampaikan sesuatu atas pengenalan yang baik akan permohonannya dan akan tujuan kepada siapa permohonan itu disampaikan.  

                Manusia hidup dalam komunikasi. Hidup bertumbuh dan berkembang dalam komunikasi yang baik, mulai dari kelompok kecil sampai kelompok yang lebih luas. Kemajuan teknologi pada zaman modern ini telah mempermudah proses komunikasi sehingga dunia yang luas ini tidak lagi dirasakan sebagai dunia yang sangat besar dan luas. Kemajuan sarana komunikasi sungguh membantu perkembangan kehidupan manusia ke arah yang lebih baik. Banyak hal terselesaikan dengan baik karena berbagai sarana komunikasi.

                Tetapi terdapat juga kenyataan lain bahwa sarana-sarana komunikasi ini justru dipakai oleh sebagian orang untuk merusak hubungan dengan orang lain atau di antara orang lain. Kita mengenal SMS gelap yang bisa membinasakan orang lain, memicu munculnya perang dan berbagai bentuk kekerasan dalam hidup. Sungguh terdapat situasi hidup komunikasi kita yang berbanding terbalik dengan apa yang dibuat oleh Yesus. Lewat Injil hari ini kita diminta untuk dapat berkomunikasi dengan bijaksana dan benar (SM).

 

Pelita Hati:  Manusia hidup dalam komunikasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar