Senin, 06 Mei 2013

Renungan Harian: Minggu, 05 Mei 2013

Renungan Harian: Minggu, 05 Mei  2013

Kis 15:1-2.22-29; Why 21: 10-14.22-23; Yoh 14: 23-29 - Paskah VI

 

Roh Kudus Penjaga Iman yang Benar

            Salah satu fungsi kehadiran Roh yang dijanjikan oleh Yesus kepada para murid-Nya adalah mengajarkan segala sesuatu kepada umat para murid Kristus dan mengingatkan mereka akan semua yang pernah dikatakan oleh Yesus sendiri kepada mereka. Yesus yang akan pergi dari dunia ini tidak bermaksud memutuskan hubungan antara Dia dengan para murid-Nya. Tidak juga memutuskan segala pengajaran dan segala sesuatu yang pernah dibuat oleh Yesus di antara mereka. Yesus menghendaki agar segala sesuatu yang pernah disampaikan-Nya kepada para murid, tetap lestari dan terpelihara dalam kehidupan manusia. Untuk itulah, Roh Kudus akan diutus dan dicurahkan kepada para murid, yang akan mengingatkan dan menjaga mereka agar selalu dapat hidup sesuai dengan ajaran dan nasihat Yesus itu sendiri.

                Orang Kristen adalah orang yang dipenuhi dengan Roh Kudus yang sama seperti dicurahkan kepada para murid Yesus dahulu kala. Sebagaimana para murid dikuatkan dan diteguhkan oleh Roh Kudus dalam pewartaan Kabar baik Tuhan, demikian orang Kristen zaman ini harus mewartakan Injil Tuhan. Setiap orang yang mau mewartakan Injil harus mengandalkan Tuhan yang hadir dalam Roh yang menuntun dan mengingatkan selalu akan apa yang harus diperbuat. Sebagaimana dijanjikan oleh Yesus, Roh Kudus akan terus-menerus tinggal dan bekerja di antara semua orang Kristen agar mampu menjadi tanda kehadiran yang benar dari warta Kabar Baik Tuhan.

                Kehidupan orang Kristen pada masa kini adalah kehidupan yang diwarnai oleh berbagai roh yang menyatakan diri sebagai yang benar. Tantangan besar bagi komunitas kristiani untuk dapat bertahan dan mampu mendengar Roh Kudus yang selalu mengingatkan agar tak salah memilih dan melangkah dalam bertindak. Tidak sedikit orang Kristen yang mengakui diri percaya kepada Roh Kudus tetapi memadamkannya, dan lebih menyalakan roh-roh yang dirasa lebih memberi jaminan di dunia ini. Roh Kudus tidak hanya menjamin keselamatan di dunia ini, tetapi terutama mempersiapkan kita untuk kedatangan Tuhan sebagaimana Dia janjikan. Semakin taat kepada tuntunan Roh Kudus akan semakin menampakkan sikap hidup yang benar, yang selalu waspada sambil menantikan Tuhan yang akan datang (SM).

 

Pelita Hati: Kehidupan orang Kristen pada masa kini adalah kehidupan yang diwarnai oleh berbagai roh yang menyatakan diri sebagai yang benar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar