Minggu, 26 Mei 2013

Renungan Harian: Jumat, 31 Mei 2013

Renungan Harian: Jumat, 31 Mei 2013

 Zef 3:14-18a atau Rm 12:9-16b; Luk 1:39-56 - Pesta Maria mengunjungi Elisabeth

 

Kunjungan yang Menghadirkan Allah

 

Peristiwa kunjung-mengunjungi entah sebagai anggota keluarga, sahabat, kenalan adalah sesuatu yang sering terjadi dalam perjalanan hidup manusia sampai dengan saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa kebiasaan itu adalah sesuatu yang baik dan bermakna.

Dalam bacaan Injil dikisahkan dua tokoh iman yang melakukan tindakan saling mengunjungi yakni Maria mengunjungi Elisabeth saudaranya. Kunjungan Maria kepada Elisabeth itu berlangsung sampai dengan kelahiran Yohanes Pembaptis, dan merupakan bantuan lengkap kepada sesama, selama dibutuhkan, sampai selesai. Di sini kita  dapat melihat bahwa kunjungan Maria kepada Elisabeth itu tidak hanya sebatas kunjungan biasa tetapi suatu kunjungan yang memberi dan membawakan sebuah bantuan yang memadai. Elisabeth yang mandul dan Zakaria yang sudah tua akhirnya juga mengandung, bagi manusia tidak mungkin tapi bagi Allah tidak ada yang mustahil. Kunjungan Maria yang menghadirkan Allah dalam keluarga Elisabeth dan Zakaria, membawa suatu sukacita besar. Ketika ucapan salam dari  Maria sampai kepada Elizabeth terjadi sukacita besar sehingga anak yang dalam kandungan ibunya pun ikut bersukacita.

Memang indah pertemuan Maria dan Elisabeth, yang ‘saling mendahului dalam memberi hormat’ salam yang menyucikan dan memberi rahmat karena kedatangan Roh Kudus.  Indah kidung Magnifikat menutup hari, seperti kidung Benediktus menyongsong kedatangan sang Surya pagi.  Mengharukan kelahiran dan penamaan Yohanes dikisahkan. Maria berdiri di belakang semua itu, menyaksikannya ia bersyukur kepada Tuhan. Ia merasa hamba tak berguna.

Bagaimana dengan kita umat beriman yang juga sering memberikan bantuan kepada sesama? Apakah kita memberikan dengan ketulusan hati karena melihat bahwa sesama membutuhkannya atau ada ambisi dan keinginan pribadi di belakangnya?

 

Pelita Hati: Hendaknya kunjungan kita kepada sesama tulus dan murni.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar