Kamis, 16 Mei 2013

Renungan Harian: Jumat, 17 Mei 2013

Renungan Harian: Jumat, 17 Mei 2013

Kis 25:13-21; Yoh 21:15-19

Gembalakanlah Domba-domba-Ku

            Petrus dan para murid yang dipanggil dan dipilih oleh Yesus sendiri adalah orang-orang yang kemudian akan menjadi gembala bagi orang-orang yang percaya kepada Yesus. Penegasan akan tugas penggembalaan itu disampaikan oleh Yesus kepada Petrus sebagai wakil dari semua murid-Nya dan sapaan juga kepada kita pada masa kini. Sapaan dan ajakan Yesus yang meyakinkan bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya adalah orang yang siap untuk menjadi gembala seperti Yesus sang Gembala sejati.

                Petrus dan para murid menghidupi tugas kegembalaan yang mereka terima seturut pesan Yesus kepada mereka. Yesus dengan tegas menghendaki agar para murid juga menyatakan kesungguhannya dalam tugas penggembalaan ini. Pertanyaan Yesus yang sampai tiga kali kepada Petrus adalah juga pertanyaan kepada kita semua yang mau mengikuti Dia. Yesus mau agar kita dengan tegas dari hati yang terdalam menyatakan kesungguhan untuk mengemban tugas  penggembalaan yang tidak selalu mudah bagi kita, terutama ketika tugas itu mengandung risiko dan menuntut kurban dari kita.

                Para orangtua, guru, pelayan dalam Gereja, pelayan di masyarakat di berbagai tingkatan dan bahkan orang muda sekalipun diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menjadi gembala. Karena iman akan Yesus, kita juga harus mengingat tugas mulia yang diberikan oleh Yesus sendiri kepada kita untuk kita wujudkan sesuai dengan tanggung jawab yang ada pada status kita masing-masing. Setiap orang sekarang ditanyai oleh Yesus apakah kita siap. Semoga seperti Petrus kita pun dapat berkata, Tuhan Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Semoga ucapan kita seperti ini nyata dalam tugas penggembalaan kita (SM).

 

Pelita Hati: Setiap orang yang percaya kepada-Nya adalah gembala seperti Yesus sang Gembala sejati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar