Kamis, 02 Mei 2013

Paus Emeritus Benediktus kembali ke Vatikan

Paus Emeritus Benediktus kembali ke Vatikan

02/05/2013 Paus Emeritus Benediktus kembali ke Vatikan thumbnail

Hari ini Paus Emeritus Benediktus XVI akan kembali ke Vatikan dengan helikopter, cara yang sama ketika ia meninggalkan Vatikan dua bulan lalu setelah ia mengundurkan diri sebagai Paus.
Pastor Federico Lombardi SJ, direktur Kantor Pers Vatikan, mengatakan kepada CNA pada 30 April, “Seseorang akan menyambut Paus Emeritus Benediktus XVI”, tapi dia belum tahu siapa yang akan menyambut Paus Emeritus itu.
Paus Emeritus itu akan tiba dengan helikopter sekitar pukul 04:30 atau pukul 05:00 di sore hari, dan setelah sambutan singkat ia menuju Biara Ecclesiae Mater, di mana ia akan berdoa dan bermeditasi.
Sejak ia mengundurkan diri pada 28 Februari lalu, Paus Emeritus tinggal di kediaman kepausan musim panas, Castel Gandolfo.
Beato Yohanes Paulus II membuka biara tertutup itu pada Mei 1994 sebagai tempat yang dikhususkan untuk berdoa dari Paus itu, para pelayanannya dan para kardinal. Biara ini memiliki sebuah kapel, ruang paduan suara, perpustakaan,  dan ruang tamu.
Berbagai kelompok suster telah tinggal di biara itu sejak gedung itu dibangun, dan mereka bergantian setiap tiga tahun.
Tapi, saat Paus Emeritus mengumumkan pengunduran dirinya pada 11 Februari lalu, gedung itu kosong. Sejak November 2012 kelompok Religius terakhir tinggal di biara itu karena Vatikan mulai merenovasi gedung itu, memperbaiki ruang bawah tanah, jendela, dan atap teras.
Biara Mater Ecclesiae juga menjadi rumah bagi empat Religius wanita yang menjadi staf rumah tangga kepausan Benediktus sejak ia menjadi Paus tahun 2005, dan sekretaris pribadinya Uskup Agung Georg Gänswein, yang juga kepala Prefektur Rumah Tangga Kepausan.

Sumber: Pope Emeritus heads for his ‘retirement home’
Dikopi dari: UCAN Indonesia  (02/05/2013)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar