Sabtu, 27 April 2013

Renungan Harian: Senin, 29 April 2013

Renungan Harian: Senin, 29 April 2013

Kis 14:5-17; Yoh 14: 21-26 - Pw St. Katarina dari Siena

 

Mengasihi Allah Berarti menuruti Perintah-Nya

 

            Seluruh perbuatan kasih yang diwujudkan oleh Yesus adalah kesetiaan-Nya dalam berpegang teguh pada perintah Bapa-Nya dan dengan tekun melaksanakan semua sebagaimana dikehendaki oleh Bapa yang mengutus-Nya. Yesus mewartakan dengan perbuatan dan dalam seluruh pengajaran-Nya bahwa Allah itu adalah kasih yang benar. Seluruh perintah-Nya adalah perintah Cinta Kasih yang bertujuan untuk keselamatan semua orang. Dan sesungguhnya warta itulah yang dibawa oleh Yesus dalam seluruh hidup-Nya walaupun tidak semua orang dapat mengerti dan menerima wujud Cinta Kasih yang sedemikian itu.

                Santa Katarina dari Siena yang kita peringati pada hari ini, menjadi penghadir Cinta Kasih Allah itu dalam hidupnya pertama-tama lewat kesetiaannya menjalankan perintah Tuhan kepadanya. Kecintaannya kepada Kristus yang tersalib yang adalah tanda kehadiran sempurna dari Kasih Allah kepada manusia, mendorongnya untuk dengan tekun dan dengan kerja keras mengembangkan hidupnya agar semakin mampu mengasihi Allah dan sesamanya. Kesetiaannya dalam iman dan perintah Allah yang benar, telah menjadikannya pewarta Kasih Allah yang benar secara khusus dalam Gereja lewat buah-buah permenungannya yang sangat mendalam tentang Kebijaksanaan yang ilahi. Kebijaksanaan itu dia wartakan dan telah ikut menyelamatkan Gereja pada masa sulit di mana ada banyak ajaran-ajaran sesat yang menggoyahkan Gereja.

                Kita adalah umat beriman yang mengenal perintah Cinta Kasih Allah. Kita adalah orang yang dipanggil Tuhan untuk menghadirkan Cinta Kasih itu sebagaimana Santa Katarina. Yesus mengajar kita untuk mengasihi dengan dasar mau berpegang teguh pada perintah Cinta Kasih Allah sendiri. Jika ini adalah motivasi kita, maka kita akan selalu mengasihi dengan benar, dan setiap tindakan kasih kita, termasuk pengorbanan yang tampaknya sia-sia bagi orang lain, akan selalu menggembirakan kita. Tindakan kasih yang lahir dari kecintaan pada perintah Tuhan akan menjadikan kita pribadi-pribadi yang sama seperti Santa Katarina untuk membela Gereja dan menjaga masyarakat dan lingkungan di mana kita hidup (SM).

 

Pelita Hati: Kita adalah umat beriman yang mengenal perintah Cinta Kasih Allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar