Sabtu, 20 April 2013

Renungan Harian: Senin, 22 April 2013

Renungan Harian: Senin, 22 April 2013

Kis 11:1-18; Yoh 10:11-18

Apakah Aku Juga "Gembala" yang Baik?

 

Pernahkah kita bertanya, apa sebenarnya yang membuat Yesus masih dikagumi banyak orang pada zaman ini? Salah satu alasan yang tidak bisa dipungkiri ialah karena Yesus rela memberikan nyawa-Nya demi keselamatan orang lain (baca: Gembala yang baik memberikan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya).

Pada umumnya sebutan gembala dimengerti sebagai seorang yang memberi perhatian kepada hewan yang digembalakannya. Pada pagi hari ia sudah pergi ke kandang untuk melepas hewan itu, membawanya ke padang rumput yang hijau dan ke sumber air yang segar. Gembala itu akan menjaga hewan peliharaannya, sehingga tidak pergi ke ladang orang lain. Jika tiba waktunya dia akan menggiring kembali ke kandang dan menghitung apakah jumlahnya persis, dan tidak ada yang lari atau hilang. Dan jika ada yang hilang pasti akan dicari sampai dapat.

Itulah pengalaman seorang gembala yang baik, dan itu sesuai dengan apa yang dikatakan Yesus dalam Injil hari ini. Yesus adalah "Gembala yang Baik" yang memberikan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya. Dia menuntun dan mengenal domba-Nya, serta menghidupinya. Ia tidak lari ketika bahaya serigala datang mengancam. Kita percaya bahwa Tuhan Yesus selalu melindungi dan menjaga kita domba-domba-Nya. Ia mengutus para rasul-Nya, para imam-Nya untuk menjadi gembala, seperti Dia yang perduli dan membimbing umat-Nya. Yesus masih tetap menyembuhkan dan memberikan hidup-Nya bagi kita. Maka kita juga seharusnya belajar dari-Nya, mau memberi diri bagi orang lain, membantu orang lain, khususnya yang lebih membutuhkan bantuan kita (JRS).

 

Pelita Hati: Yesus adalah "Gembala yang Baik" yang memberikan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar