Kamis, 04 April 2013

Renungan Harian: Senin, 08 April 2013

Renungan Harian: Senin, 08 April 2013

Kis 4:23-31; Yoh 3:1-8

Lahir Kembali

            Ketika mengamati wajah orang, satu pertanyaan yang sering muncul di hati, "Berapa usia orang ini?" Kalau sudah terbuka pembicaraan muncul pertanyaan lain, "Berapa bersaudara?" Merayakan kelahiran natural di persaudaraan sedarah yang diulang sekian kali belum tentu membuat seseorang lahir kembali.

                Yesus mengatakan pada Nikodemus bahwa seseorang harus lahir kembali agar bisa masuk ke Kerajaan Allah. Lahir kembali yang dimaksud adalah lahir dari air dan Roh. Untuk masuk ke Kerajaan Allah tidak cukup karena lahir secara natural di kebersamaan sedarah, tetapi sebaiknya bersedia memasuki hidup dan kebersamaan yang dituntun oleh Roh Allah. Kebersamaan yang pantas ke Kerajaan Allah bukan karena kebersamaan sedarah sebagai orang Israel saja, tetapi perlu kebersamaan yang mengandalkan Roh Kudus. Bacaan pertama menggambarkan kebersamaan yang mengandalkan Roh Kudus  adalah kebersamaan yang menghidupi doa bersama dan melibatkan Allah dalam seluk beluk hidup.

                Lahir kembali berarti, kita  baik sebagai pribadi maupun secara bersama bersedia dituntun oleh Roh Allah ke mana Dia mau. Roh Kudus mengajari manusia agar mengenal nilai-nilai kebaikan agar pantas hidup di Kerajaan Allah (GN).

 

Pelita Hati: Lahir kembali berarti, kita  baik sebagai pribadi maupun secara bersama bersedia dituntun oleh Roh Allah ke mana Dia mau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar