Rabu, 17 April 2013

Renungan Harian: Sabtu, 20 April 2013

Renungan Harian: Sabtu, 20 April 2013

Kis 9:31-42; Yoh 6:60-69

 

Kepada Siapa Kami akan Pergi?

 

Setelah Yesus menyatakan diri-Nya sebagai roti hidup yang turun dari surga, para murid harus percaya serta menerima itu sebagai keyakinan hidup mereka. Para murid merasa itu terlalu berat sehingga mereka tidak sanggup untuk menerima dan meyakininya. Maka mereka mulai bersungut-sungut dan beberapa orang menarik dari.

Percaya kepada Yesus berarti juga mengandalkan Dia dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada-Nya. Itu berarti kita akan menerima kekuatan, keselamatan dari Yesus ketika kita di dunia ini dan juga di akhirat. Inilah yang tidak mampu dilihat oleh beberapa murid, sehingga mereka menarik diri dari kelompok, karena merasa kata-kata dan praktik hidup Yesus terlalu keras. Mereka tidak mampu melihat bahwa hidup yang ditawarkan Yesus bukan hanya kehidupan selama di dunia ini, tetapi juga kehidupan yang kekal di akhirat.

Dalam situasi yang seperti ini Petrus mampu menangkap pesan Yesus dengan tepat. Ketika Yesus datang kepadanya dan bertanya, "apakah kamu tidak mau pergi juga?" Petrus seorang pribadi yang lemah, yang sering secara impulsif menjawab pertanyaan Yesus, kali ini dengan tenang dan bijak berkata, "Tuhan kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal, dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah."

Bagi Petrus percaya berarti berpegang teguh pada sabda Yesus. Sabda Yesus itu dia rasakan memiliki power, memiliki hidup. Hidup yang bukan hanya di dunia ini tetapi hidup selamanya. Maka Petrus balik bertanya kepada Yesus, kepada siapakah kami akan pergi. Ketika kita menghadapi persoalan yang berat di dalam hidup ini, adalah bijak jika kita menyampaikan pertanyaan yang sama kepada-Nya, "Yesus, kemanakah kami hendak pergi, sebab dalam diriMulah ada hidup yang kekal." (JRS)

 

Pelita Hati: "Yesus, kemanakah kami hendak pergi, sebab dalam diriMulah ada hidup yang kekal."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar