Kamis, 11 April 2013

Renungan Harian: Minggu, 14 April 2013

Renungan Harian: Minggu, 14 April 2013

Kis 5:27b-32.40b-41; Why 5:11-14; Yoh 21:1-19  - Paskah III

 

Bagaimana Sikapku Menerima Panggilan Tuhan?

 

Pak Andy tidak bersedia mundur sebagai saksi dalam persidangan salah satu kasus di desanya meskipun dia mendapat ancaman dari orang-orang yang tidak dikenalnya, jika ia berani mengungkapkan kebenaran  yang sesungguhnya terjadi.

Kisah ini, mirip dengan yang dilukiskan dalam Kisah para Rasul, di mana Petrus dan teman-temannya, karena mengajar dan mewartakan nama Yesus, disesah. Sudah dua kali para rasul ditangkap oleh pemuka Yahudi, tetapi dua kali pula mereka dibebaskan secara ajaib. Keberanian Petrus,  membuat hakim cenderung menghukum mati mereka, akan tetapi Gamaliel sebagai imam agung pada waktu itu membebaskan mereka. Apakah mereka bersungut-sungut karena situasi itu? Tidak, justru mereka gembira, karena telah dianggap layak menderita penghinaan karena nama Yesus.

Dalam Injil dilukiskan tugas Petrus yang mengandung dua aspek, pertama yakni: aspek sejarah, artinya tugas sebagai gembala tertinggi Gereja di mana secara resmi telah diserahkan padanya; dan aspek akhir zaman, artinya Petrus sebagai nelayan menjadi nakhoda Gereja dengan para rasul. Ia sebagai nelayan penjala ikan berubah menjadi penjala manusia. Ia  akan membawa semua yang terpanggil masuk ke pelabuhan kekal dengan aman, di mana Kristus yang sudah bangkit menyediakan perjamuan surgawi.

Ternyata bukan tanpa arti mengapa Yesus sampai tiga kali bertanya kepada Petrus, apakah dia mencintai Yesus. Pertanyaan itu bertujuan agar tidak ada lagi keraguan bahwa Petrus memang benar-benar mencintai Yesus. Maka Yesus dengan sangat yakin menyerahkan tongkat kegembalaan kepada Petrus, "gembalakanlah domba-domba-Ku." Mari, tetap tanpa ragu dan penuh percaya menerima tawaran yang disampaikan oleh Yesus (JRS).

 

Pelita Hati: Apakah Anda mencintai Yesus?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar