Sabtu, 20 April 2013

Renungan Harian: Kamis, 25 April 2013

Renungan Harian: Kamis, 25 April 2013

Kamis: 1 Ptr 5:6b-14; Mrk 16:15-20 - Pesta St. Markus

 

Aku dan Anda Dipanggil untuk menjadi Pewarta Injil

 

Kita mungkin mengenal sedikit tentang siapakah Santo Markus itu. Dia seorang pengarang Injil yang kedua, (meskipun diyakini bahwa Injil Markus adalah yang tertua) yang sangat dipengaruhi oleh budaya Hellenis. Dalam Kisah para Rasul bab 12 dan 13 diceritakan berita tentang Markus dan keluarganya. Pada masa mudanya memang belum nampak atau menonjol semangat kerasulannya, hal itu nampak dari pengalaman perjalanannya bersama rasul Paulus. Markus menarik diri dan tidak mau lagi ikut bersama Paulus, lalu memutuskan untuk ikut bergabung dengan Petrus ke Roma.

"Pergilah ke seluruh dunia dan beritakanlah Injil kepada segala makhluk." Di dalam kata-kata yang dituliskan oleh Santo Markus yang kita pestakan hari ini, tersirat bahwa apa yang diajarkan dan diketahuinya tentang sang Guru sungguh mendalam. Pewartaan Injil tidak hanya dilakukan dengan ajaran, khotbah, tetapi jauh lebih penting dengan kesaksian hidup; yakni cara bertutur kata, berpikir, dan bertindak yang diresapi oleh Roh Kudus. Jika semangat ini ada di dalam diri kita, maka sikap hidup kita akan menggambarkan kehadiran Yesus yang penuh kasih.

Tugas perutusan yang disampaikan oleh Yesus kepada para rasul, juga disampaikan kepada para kaum tertahbis (paus, uskup, imam, dan diakon). Kadang kita berpendapat "mewartakan Injil itu kan tugas para pastor, bukan tugasku". Pendapat itu tidaklah benar, sebab kita semua yang telah dibaptis ikut ambil bagian dalam tugas perutusan. Tugas ini bukanlah gampang, tetapi dengan bantuan Roh Kudus kita akan mampu melaksanakannya (JRS).

 

Pelita Hati: "Pergilah ke seluruh dunia dan beritakanlah Injil kepada segala makhluk."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar