Rabu, 17 April 2013

Renungan Harian: Kamis, 18 April 2013

Renungan Harian: Kamis, 18 April 2013

Kis 8:26-40; Yoh 6:44-51

 

Yang Menerima Aku, akan Hidup Selamanya

 

"Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda", begitu isi salah satu iklan parfum di televisi. Di zaman ini pengaruh iklan begitu hebat sehingga mampu mempengaruhi orang dari segala lapisan masyarakat baik anak-anak, orang muda maupun yang tua. Kekuatan iklan ini membuat orang sering dengan gampang tanpa pikir panjang seakan "wajib" untuk memperoleh apa yang dianjurkan iklan itu.

Injil hari ini nampaknya tidak salah jika dikatakan agak mirip seperti iklan tadi. Yesus tampil dan mengatakan diri-Nya, "Akulah roti hidup, barangsiapa makan dari pada-Ku tidak akan mati. Akulah roti hidup yang telah turun dari surga. Jika orang makan roti ini ia akan hidup selama-lamanya. Dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

Iklan pertama di atas ditampilkan dengan sangat meyakinkan dengan kata-kata dan gambar yang mempesona, sehingga dengan gampang orang yang mendengar dan melihat langsung tertarik dan tergoda untuk memilikinya. Meski setelah hal itu diperoleh bukanlah jaminan bahwa itu benar seratus persen.

Iklan kedua yang disampaikan oleh Yesus melalui Injil, melalui para imam atau para pelayan firman sering mungkin kurang meyakinkan dan menggoda, sehingga  kita tidak gampang tertarik, walaupun sudah kita "ya-kan" dan terima, kebenarannya seratus persen terjamin. Kita merasa semakin dekat dengan Yesus. Hal itu bisa kita rasakan dalam perayaan Ekaristi. Ketika kita menerima tubuh dan darah Kristus, kita merasa damai, teduh, lebih dekat dengan Tuhan sendiri. Kita semakin yakin bahwa roti dan anggur yang telah berubah menjadi tubuh dan darah Kristus meneguhkan kita dalam perjalanan hidup kita mencapai hidup yang kekal (JRS).

 

Pelita Hati: "Akulah roti hidup, barangsiapa makan dari pada-Ku tidak akan mati."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar