Selasa, 30 April 2013

Renungan Harian: Kamis, 02 Mei 2013

Renungan Harian: Kamis, 02 Mei 2013

Kis 15: 7-21; Yoh 15:9-11 - Pw St. Atanasius, Us & Pujangga Gereja

 

Mengajar dengan Kasih

 

            Pelajaran berharga yang disampaikan oleh Yesus kepada para murid-Nya dan sekarang kepada kita adalah perbuatan kasih yang di dalamnya terdapat rencana Allah untuk menyelamatkan manusia. Pelajaran itu disampaikan oleh Yesus sendiri kepada mereka yang mencari Dia dan mengharapkan pertolongan dari-Nya. Yesus mendidik para pengikut-Nya untuk mengenal Allah dan kehendaknya, yakni hidup dalam saling mengasihi.

                Pendidikan adalah hal mendasar bagi manusia. Pendidikan yang benar pertama-tama bermaksud untuk menjadikan setiap orang terdidik agar menjadi manusia yang bertumbuh secara utuh dan sejati di hadapan Allah dan di hadapan sesamanya. Pendidikan bermaksud untuk mengolah segala kemampuan manusia untuk dikembangkan dan dengan demikian akan memajukan dunianya. Segala bentuk dan usaha Pendidikan adalah untuk kehidupan dan kebaikan umum.

                Santo Atanasius, Uskup dan Pujangga Gereja yang kita kenangkan hari ini adalah salah satu dari sekian banyak orang beriman kristiani yang berhasil sampai kepada satu tahap pendidikan kemanusiaan dan iman yang benar secara seimbang. Imannya akan Yesus membantu dia untuk sampai kepada kesetiaan yang benar akan iman Katolik seperti terdapat dalam tulisan-tulisannya. Ia yang dididik secara benar dalam iman, bertumbuh menjadi orang beriman sejati. Dia yang diajarkan dalam kasih dan untuk mengasihi, pada akhirnya menjadi tanda kasih bagi banyak orang.

                Kita semua akan pernah dan sudah pernah menjadi pendidik. Karena iman yang kita terima, setiap orang Kristen harus hadir sebagai pendidik yang mengajar dalam kasih dan membuat kasih itu lebih dirasakan oleh para terdidik. Sebagaimana Yesus selalu mengandalkan kasih, demikian setiap orang harus mengajar dan mendidik orang yang dipercayakan kepadanya. Pengajaran dan pendidikan adalah menaburkan benih yang baik, merawatnya untuk kemudian menuai buah yang baik pula (SM).

 

Pelita Hati: Pendidikan adalah hal mendasar bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar