Senin, 22 April 2013

Renungan Harian: Jumat, 26 April 2013

Renungan Harian: Jumat, 26 April 2013

Kis 13:26-33; Yoh 14:1-6

 

Yesus adalah Jalan Kebenaran dan Kehidupan

 

Pada umumnya, orang yang sudah tinggal di rumah sendiri meskipun itu rumah sederhana, akan merasa lebih nyaman dari pada di rumah mewah tetapi milik orang lain. Mengapa? Karena di rumah sendiri mereka merasa bebas, lepas, dan tak perlu sungkan ataupun cemas seperti di rumah orang lain.

Yesus dalam Injil hari ini meyakinkan kita bahwa kita tidak perlu cemas, gelisah karena Dia akan menyediakan tempat bagi kita. Dalam konteks ini rasanya Yesus  berbicara sesudah kehidupan di dunia ini. Kita tidak usah takut dan gelisah akan hidup kita di akhirat, Yesus akan menyiapkannya. Tetapi Thomas tidak bisa menangkap bahwa Yesus berbicara tentang hidup sesudah di dunia ini. Maka Thomas bertanya, "Tuhan kami tidak tahu ke mana Engkau akan pergi, jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"

Inilah yang dialami oleh Thomas, dia tidak sungkan bertanya kepada Yesus, meskipun sebenarnya mereka telah hampir tiga tahun hidup bersama, dan Thomas belum juga menangkap sepenuhnya apa makna kata-kata Yesus. Dari hatinya yang terdalam, tanpa kepura-puraan dia datang dan bertanya, dari manakah jalan ke Rumah Bapa.

Di dalam menjalani kehidupan ini, ketika kita menghadapi keraguan dan ketakutan, ketika jalan-jalan yang kita lalui terasa buntu, tidak tahu hendak ke mana, datanglah dan bertanyalah kepada Yesus. Mari dengan mantap tanpa ragu meminta kepada-Nya, "Tuhan tunjukkanlah jalan mana yang harus kutempuh". Yakinlah Yesus akan menjawab pertanyaan kita "Mari, Akulah jalan, kebenaran dan kehidupan." (JRS)

 

Pelita Hati: "Mari, Akulah jalan, kebenaran dan kehidupan."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar