Kamis, 04 April 2013

Renungan Harian: Jumat, 05 April 2013

Renungan Harian: Jumat, 05 April 2013

Kis 4:1-12; Yoh 21:1-14 - Jumat Oktaf Paska

 

Bertemu Yesus di Siang Hari

            Petrus dan rasul lain kembali ke Galilea tempat mereka dulu dipanggil Yesus dengan rasa campur aduk. Mereka kecewa karena Yesus itu tidak sehebat yang mereka bayangkan. Bagi mereka Yesus hebat kalau Dia bisa lari dari salib sambil mengejek orang-orang yang menyalibkan-Nya. Mereka juga merasa bersalah karena mereka menghianati Yesus. Petrus sendiri mengatakan bahwa dia tidak mengenal Yesus. Mereka menyesal, karena takut menolong Yesus, justru Simon dari Arimatea yang mau menolong-Nya.

                Dalam suasana demikian, mereka pergi menangkap ikan di danau. Kita dengar, selama semalam itu mereka tidak mendapat ikan seekor pun. Kegelapan malam adalah simbol tanpa kehadiran Yesus. Tanpa Yesus, mereka memang gagal, tidak percaya diri, tidak berpengharapan. Waktu siang hari Yesus menemui mereka di pantai. Siang adalah simbol kehadiran Yesus. Bersama Yesus mereka menangkap banyak ikan.

                Dengan peristiwa ini, Yesus memesankan pada kita bahwa kegelapan, kegagalan, kematian adalah suatu pengalaman berharga yang bisa menimpa orang beriman. Kita berharap Yesus mendatangi kita untuk membawa terang, kebangkitan, keberhasilan, dan kebahagiaan. Selamat Paska! (GN)

 

Pelita Hati: Siang adalah simbol kehadiran Yesus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar