Selasa, 30 April 2013

Renungan Harian: Jumat, 03 Mei 2013

Renungan Harian: Jumat, 03 Mei 2013

1 Kor 15: 1-8; Yoh 14:6-14 - Pesta St. Filipus dan Yakobus Rasul

 

Yesus adalah Jalan, Kebenaran, dan Hidup

            Warta yang kita dengarkan dari bacaan pertama menegaskan kembali isi dari pernyataan Injil bahwa Yesus adalah Jalan, Kebenaran, dan Hidup. Wafat dan kebangkitan Yesus sungguh telah menjadi jalan yang membawa orang kepada kebenaran dan kepada hidup yang sungguh dalam Tuhan. Penampakan-penampakan Yesus di antara para pengikut-Nya meyakinkan setiap orang yang percaya kepada Tuhan bahwa sungguh melalui Dia dan dalam Dia setiap orang akan sampai kepada hidup yang sejati.

                Rasul Filipus dan Yakobus yang kita pestakan pada hari ini adalah dua pribadi beriman yang mengenal Yesus sebagai Jalan, Kebenaran, dan Hidup. Mereka juga berjuang untuk sungguh mampu mengenal Yesus dengan tepat dan benar. Maka Yesus pun sempat menegur Filipus yang sudah sekian lama bersama dengan Yesus, tetapi masih bertanya tentang bagaimana mereka dapat mengenal Bapa. Yesus sekali lagi memperkenalkan diri-Nya agar tidak salah dikenal oleh para murid-Nya. Yesus memperkenalkan diri-Nya secara lebih baik lagi kepada para murid dan menyampaikan agar mereka tidak ragu percaya kepada-Nya.

                Kedua rasul ini adalah contoh bagaimana orang Kristen bisa sampai kepada pengenalan dan kepercayaan yang benar akan Yesus. Sungguh tidak mudah mengenal dan mengerti Tuhan dan segala jalan-Nya. Pengalaman hidup beriman kita adalah pengalaman yang masih akan selalu menyisakan banyak pertanyaan bagi kita. Kita pun mau seperti Filipus yang bertanya tetapi sekaligus juga dengan cermat mendengar semua yang disampaikan oleh Yesus. Tidak terlalu sibuk dengan pertanyaan saja sehingga tak ada waktu untuk mendengar kata-kata Yesus. Dengan demikian, kita pun akan dapat hadir sebagai rasul dalam kehidupan harian kita, yakni terutama setia dalam perbuatan-perbuatan baik (SM).

 

Pelita Hati:  Pengalaman hidup beriman kita adalah pengalaman yang masih akan selalu menyisakan banyak pertanyaan bagi kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar